Sperma Dikeluarkan di Luar Miss V, Bisa Hamil atau Tidak? Berikut Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 18 November 2022
0 dilihat
Sperma Dikeluarkan di Luar Miss V, Bisa Hamil atau Tidak? Berikut Penjelasannya
Mengeluarkan sperma di luar vagina ketika sedang berhubungan seksual memang dapat membantu mencegah kehamilan. Namun, tidak selalu demikian. Foto: Repro Orami.co.id

" Saat berhubungan intim biasanya cairan sperma akan dikeluarkan dalam sel telur atau Miss V bertujuan agar sang wanita bisa hamil. Namun, bagaimana jika cairan sperma justru dikeluarkan di luar Miss V? Apakah wanita tetap bisa hamil? "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat berhubungan intim biasanya cairan sperma akan dikeluarkan dalam sel telur atau Miss V bertujuan agar sang wanita bisa hamil. Namun, bagaimana jika cairan sperma justru dikeluarkan di luar Miss V? Apakah wanita tetap bisa hamil?

Mengutip dari Detik.com, menanggapi tentang berhubungan intim tapi sperma dikeluarkan di luar apakah bisa hamil atau tidak, ahli kandungan, dr Anggi Pratiwi, SpOG, dari Morula IVF Ciputat, menjelaskan metode 'pull out' atau keluar di luar' sebenarnya bukanlah kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Pasalnya, kehamilan masih bisa terjadi karena berbagai hal salah satunya cairan pre-ejakulasi.

Pra-ejakulasi atau disebut precum merupakan cairan yang keluar sebelum pria ejakulasi. Cairan ini tetap mengandung sperma, meskipun jumlahnya sedikit.

Kebanyakan pria tidak tahu kapan mereka pernah mengalami ejakulasi sebelumnya. Hal ini pun membutuhkan latihan pengendalian diri, yang bisa sangat sulit dilakukan di tengah bercinta.

Baca Juga: Perut Terasa Keras? Kenali 7 Penyebabnya

"Cara ini bukanlah metode kontrasepsi, benar-benar tidak efektif. Peluang gagalnya sangat tinggi," ujar Lauren F Streicher, MD, profesor klinis kebidanan dan ginekologi dari Northwestern University, dikutip dari Greatist.

Oleh karena itu, American Pregnancy Association menyebut berhubungan intim tapi sperma dikeluarkan di luar sangat mungkin bisa membuahi sel telur.

Dikutip dari Sonora.id, ada tiga kondisi yang membuat wanita bisa hamil jika cairan sperma dikeluarkan di luar yakni sebagai berikut:

1. Sperma sangat segar

Sperma yang segar adalah sperma yang bisa hidup di dalam saluran reproduksi Ms. V selama beberapa hari.

Misalnya, karena lingkungan yang hangat, lembab, dan pH yang tepat untuk sperma.

Kemudian, di luar saluran reproduksi sperma akan mulai mati dengan segera.

2. Jumlah air kencing yang banyak

Meski hanya dibutuhkan satu sperma saja untuk hamil, tapi kemungkinan kehamilan akan lebih besar jika dibandingkan dengan sedikitnya air kencing di dalam tubuh.

3. Dibutuhkan waktu yang tepat

Agar bisa hamil, sperma perlu masuk ke dalam vagina pada atau tepat sebelum ovulasi.

Bahkan jika semua keadaan ini terjadi, kemungkinan kehamilan tetap rendah.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Kamu Malas Mandi

Seorang berusia 30 tahun yang sehat memiliki sekitar 20 persen peluang untuk hamil. Hal ini terjadi setiap siklus menstruasi dan mereka berhubungan seks tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Kendati begitu, kemungkinan kehamilan akibat kontak singkat dengan air mani bahkan lebih rendah.

Memang benar, sperma bisa bertahan di luar Miss V selama beberapa detik. Tapi, sperma terlalu lemah untuk berenang menuju sel telur bila ada di luar Miss V. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga