Spesifikasi Mobil Digunakan Presiden Jokowi Kunjungan Kerja, Bisa Jalan Meski Ban Kempes dan Tahan Ledakan

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 14 Mei 2024
0 dilihat
Spesifikasi Mobil Digunakan Presiden Jokowi Kunjungan Kerja, Bisa Jalan Meski Ban Kempes dan Tahan Ledakan
Mobil dinas yang digunakan Presiden Jokowi, memiliki keunggulan di atas rata-rata. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Mobil dinas Presiden Jokowi dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih "

KENDARI, TELISIK.ID - Mobil dinas Presiden Joko Widodo, dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan canggih. Kendaraan yang digunakan dalam kunjungan kerja Presiden RI ini memberikan prioritas pada fasilitas keamanan tingkat tinggi untuk menunjang aktivitas kenegaraan.

Melansir inews.com, sejak 2019, mobil dinas presiden adalah Mercedes-Benz S600 Guard, menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman yang digunakan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kendaraan ini dilengkapi dengan berbagai fitur unik dan canggih untuk mendukung keamanan dan kenyamanan.

Mercedes-Benz S600 Guard telah mendapat sertifikat VR, menunjukkan tingkat perlindungan dan keamanan sangat tinggi. Bodinya dilapisi baja super kuat yang tahan terhadap peluru, serta bagian bawah mobil dilindungi dengan plat tebal yang dapat menahan ledakan. Kaca mobil juga dilapisi kaca anti peluru yang sangat tebal.

Mesin mobil ini menggunakan V12 Turbo Charger otomatis 7 percepatan dengan kapasitas 6000 cc, menghasilkan tenaga 530 HP dan torsi 830 Nm. Daya ini sangat penting untuk memastikan mobil tidak mogok saat menjalankan tugas kenegaraan, seperti yang pernah terjadi pada mobil sebelumnya.

Mobil presiden juga dilengkapi dengan air suspension otomatis, yang memungkinkan kendaraan menaikkan dan menurunkan ketinggian sesuai kondisi jalan di depan. Ini membantu menjaga kenyamanan dan stabilitas kendaraan.

Baca Juga: Curhat Soal Gajinya yang Ditahan, Seorang Pria di Konawe Nekat Terobos dan Menarik Presiden Jokowi

Ban mobil menggunakan teknologi Run Flat Tire (RFT), yang memungkinkan mobil tetap melaju hingga 30 km dengan kecepatan 60 km/jam meskipun dalam kondisi ban kempes. Ini memberikan keamanan tambahan dalam situasi darurat.

Fitur Intelligent Light System (ILS) pada mobil ini memberikan penerangan lebih terang dan lebih jauh hingga 650 meter tanpa membuat silau pengendara lain di arah berlawanan. Ini membantu pengendaraan yang lebih aman di malam hari atau kondisi kurang cahaya.

Tangki pemadam api otomatis dan oksigen yang terletak di bagasi mobil menambah perlindungan bagi presiden dari berbagai ancaman bahaya. Fitur ini sangat penting dalam situasi darurat yang memerlukan tindakan cepat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Puji RSUD Konawe Dibangun Gunakan Dana PEN, Janji Bantu Alat Kesehatan Tahun Ini

Electronic Stability Program (ESP) membantu menghindari oversteer dan understeer pada kondisi jalan rusak, licin, dan bergelombang, memastikan mobil selalu dalam keadaan stabil dan aman digunakan. Ini adalah fitur penting untuk menjaga keselamatan di berbagai kondisi jalan.

Distronic Plus adalah peranti keselamatan berkendara yang mengatur jarak aman otomatis dan memberikan perintah pengereman untuk menghindari tabrakan. Fitur ini memberikan perlindungan tambahan dalam lalu lintas yang padat.

Sebagai informasi tambahan, mobil ini digunakan dalam kunjungan Presiden RI di Kabupaten Muna, Senin (14/5/2024). (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga