Spesifikasi Ponsel Vivo Y17s, Harga Hanya Rp 1 Jutaan dengan RAM 6 GB

Ayu Safitri, telisik indonesia
Kamis, 18 Januari 2024
0 dilihat
Spesifikasi Ponsel Vivo Y17s, Harga Hanya Rp 1 Jutaan dengan RAM 6 GB
Handphone Vivo Y17s yang sedang promo cash back awal tahun. Foto: Infoindonesia.id

" Vivo merupakan salah satu vendor smartphone yang eksis di Indonesia. Vendor asal China ini kerap melakukan eksplorasinya akan teknologi baru, khususnya untuk smartphone "

KENDARI, TELISIK.ID – Vivo merupakan salah satu vendor smartphone yang eksis di Indonesia. Vendor asal China ini kerap melakukan eksplorasinya akan teknologi baru, khususnya untuk smartphone.

Salah satunya vivo Y17s yang dirilis di Indonesia sejak September 2023. Membawa sejumlah peningkatan dibanding seri sebelumnya, vivo Y17s menarik perhatian publik karena menyasar kelas entry-level dengan harga terjangkau.

Berikut Telisik.id berikan rangkuman reviewnya:

- Performa yang dimiliki

Berdasarkan review yang dilansir dari Iprice.co.id Produk vivo ini menggunakan spesifikasi chipset Mediatek MT6769 Helio G85 (12nm), CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55) serta GPU Mali-G52 MC2.

Meskipun chipsetnya sudah dirlis sejak tahun 2020 kemarin, tapi performanya masih dirasa cukup baik bagi ponsel kelas entry-level.

Baca Juga: Nokia akan Luncurkan Hp Royal Mini 2024, Ini Spesifikasinya

Berbagai aktivitas ringan seperti membuka media sosial, menonton tayangan streaming, maupun memainkan game populer ringan layaknya Mobile Legends dan PUBG Mobile masih bisa berjalan dengan lancar.

- Dapur pacu yang kuat

Hp vivo Y17s ini sudah menggunakan dapur pacu Helio G85 yang hanya umum digunakan pada Hp dikelas Rp 2 jutaan. vivo Y17s memiliki performa yang cukup baik untuk memainkan game ringan dengan pengaturan grafis paling rendah hingga medium.

Game seperti Mobile Legends bisa dimainkan dengan lancar. Namun, game dengan spek grafis yang cukup tinggi seperti PUBG Mobile hanya bisa menggunakan pengaturan medium. Oleh sebab itu, kurang disarankan menggunakan game grafis tinggi.

- Layar lebar

Dikutip dari Vivo.com, Vivo Y17s ini menggunakan layar dengan panel IPS LCD 6,56 inci beresolusi 720 x 1612 pixels (HD+), tampilan layar HP ini cukup baik dan nyaman digunakan saat menonton tayangan visual. Hp ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi percikan air dan debu yang baru. IP5X resisten terhadap debu dan IPX4 resistensi terhadap air.

- Kualitas kamera

HP ini dilengkapi lensa dual camera pada bagian belakang beresolusi 50 MP, f/1.8 (wide) dan sendor depth 2 MP, f/2.4. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP, f/2.0 (wide).

Terdapat fitur PDAF pada lensa belakang untuk mengunci fokus pada objek foto yang bergerak. Alhasil, kualitas foto jadi minim noise, detail lebih tajam, dan terdapat peningkatan resolusi pada malam hari.

Fina, salah seorang sales di toko vivo yang berada di Jl. H. Abdul Silondae No.51, Mandonga mengungkapkan, untuk menambah kualitas kamera selfie, pengguna bisa menggunakan mode Aura Screen Light yang menambah kecerahan di siang maupun malam hari.

“Cocok untuk anak SMA yang suka selfie, layarnya sudah 50 MP, terus kalau memang mau berfoto namun minim penerangan dapat menggunakan mode Aura Screen Light seperti mode malam untuk menambahkan kecerahan di siang maupun malam hari,” ungkapnya, Rabu (17/1/2024)

Beralih ke video, hasil perekamannya standar karena hanya mendukung resolusi 1080p@30fps.

- Baterai besar dan pengisian daya cepat

Smartphone vivo Y17s ini memiliki kapasitas baterai 5,000 mAh yang cukup jumbo. Dengan kapasitas tersebut, vivo Y17s diklaim bisa bertahan sekitar 13,62 jam untuk streaming video serta mendengarkan musik dan hampir 6 jam saat digunakan untuk bermain PUBG Mobile non-stop.

Saat ditanya apakah Hp ini Fastcharge, Fina mengatakan bahwa Hp ini sudah dilengkapi dengan fitur 15W FastCharge

“Iya, sudah Fastcharge. Jadi dengan kemampuan Fastcharge tersebut, HP yang baterainya kosong bisa terisi hingga penuh dalam waktu 2 jam,” kata Fina.

- Performa penyimpanan yang besar

Riyan, salah seorang pegawai booth toko Aneka Jaya yang terletak di Jl. Syech Yusuf No.81, Korumba, Kota Kendari mengungkapkan bahwa Produk vivo ini hadir dengan 2 pilihan kapasitas RAM, yakni 4GB serta 6GB.

Pilihan memori RAM yang tersedia juga dapat ditambah dari kapasitas memori internal yang kosong menggunakan fitur Extended RAM. Mode perbesaran RAM yang tersedia yakni 4GB+4GB serta 6GB+6GB.

“Untuk kapasitas memori internalnya, varian 4GB dipasangkan dengan varian 64GB serta 6GB dengan 128 GB. Jika merasa kurang, terdapat juga slot memori eksternal hingga 1 TB yang bisa pengguna manfaatkan,” ungkap Riyan, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Turun Harga, Kini HP Samsung A05 Mulai dari Rp 1,5 Jutaan Saja

Saat ini khususnya Hp vivo Y17s sedang mengadakan promo khusus cash back Rp 200.000 di bulan Januari. Untuk varian penyimpanannya pun berbeda-beda sesuai dengan harganya.

Kelebihan dari vivo Y17s:

- Kapasitas baterai besar 5,000 mAh.

- Memiliki slot memori eksternal hingga 1 TB.

- Sudah menggunakan dual SIM.

- Terdapat fitur Extended RAM.

- Dilengkapi sertifikasi IP54 tahan percikan air dan debu.

- Performa chipset Mediatek Helio G85 yang cukup baik di kelasnya.

Kekurangan dari vivo Y17s:

- Belum dilengkapi fitur NFC.

- Tidak dilengkapi lensa kamera Ultra Wide.

- Belum dilengkapi fitur OIS maupun EIS. (A)

Penulis: Ayu Safitri

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga