Sri Sultan HB X Menyoal SOP New Normal di DIY

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Kamis, 04 Juni 2020
0 dilihat
Sri Sultan HB X Menyoal SOP New Normal di DIY
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menjelaskan soal SOP new normal yang nantinya akan mengatur secara teknis kegiatan hidup masyarakat di masa pandemi COVID-19. Foto: Ist.

" Yang terpenting, bagaimana kita membuat SOP dengan karakter kita. Tidak sempurna tidak masalah karena kita juga belum pernah mengalami hal yang seperti ini. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menegaskan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu segera menyelesaikan penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) new normal.

Seperti ditulis website jogjaprov.go.id, SOP new normal ini yang nantinya akan mengatur secara teknis kegiatan hidup masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Dalam pertemuan dengan OPD yang membahas persiapan pasca COVID-19 (New Normal) di Gedhong Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Sri Sultan HB X meminta agar SOP dibuat sesuai dengan karakter DIY.

Sri Sultan HB X tidak akan mempermasalahkan jika SOP belum bisa sempurna, namun menurutnya, masyarakat harus tetap jadi subjek.

"Yang terpenting, bagaimana kita membuat SOP dengan karakter kita. Tidak sempurna tidak masalah karena kita juga belum pernah mengalami hal yang seperti ini," ungkap Sri Sultan HB X.

Baca juga: Wakil Wali Kota Yogyakarta: Tidak Ada Kasus Baru Lagi

Sri Sultan HB X menegaskan, dengan SOP new normal, DIY akan mulai mendesain bagaimana kehidupan masyarakat DIY bisa akrab dengan penyakit yang bernama COVID-19.

"Semua pihak nantinya bisa hidup berdampingan dengan COVID-19 sebagai sebuah penyakit di antara penyakit lain yang juga ada seperti TBC, jantung, malaria, flu, dan penyakit lainnya," papar Sri Sultan HB X.

Bagi Gubernur DIY, yang penting bagaimana masyarakat bisa hidup normal, tapi tetap mengutamakan protokol kesehatan.

"Dan SOP new normal ini nantinya tidak hanya sekadar protokol, SOP ini juga harus mampu mendorong masyarakat dan semua pihak untuk berubah atau menjalankan prosedur kehidupan yang baru," imbuh Sri Sultan HB X.

Sri Sultan HB X juga menginginkan agar SOP new normal bisa segera tuntas dengan diberi target waktu.

Di sisi lain Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, mengatakan, target waktu penting dalam penyusunan SOP new normal.

Baca juga: MPR Minta Kemenkes dan Pemda Percepat Insentif Para Tenaga Kesehatan COVID-19

"Saya mendukung semua OPD melalui gugus tugas masing-masing, untuk bisa membuat SOP yang sederhana dan dapat diaplikasikan untuk semua," kata Paku Alam X.

Wagub DIY mengimbau, para mitra kerja masing-masing OPD dirangkul untuk menjalankan SOP yang nantinya ditetapkan ini.

Sedangkan Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan, masing-masing OPD nantinya akan menyusun dua SOP new normal. Pertama, SOP kerja sehari-hari. Ke dua, SOP pemberian pelayanan kepada masyarakat, termasuk keterlibatan para mitra kerja.

"Sudah disepakati bersama OPD akan menyusun masing-masing SOP," kata Kadarmanta Baskara Aji.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga