Stadion Betoambari Baubau Mulai Direnovasi Habiskan Anggaran Rp 1,2 Miliar

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Rabu, 29 Mei 2024
0 dilihat
Stadion Betoambari Baubau Mulai Direnovasi Habiskan Anggaran Rp 1,2 Miliar
Stadion Betoambari, Kota Baubau, akan direnovasi kembali. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Stadion Betoambari Kota Baubau akan mulai direnovasi pada Juli 2023 mendatang, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk pengerjaan pagar keliling "

BAUBAU, TELISIK.ID – Stadion Betoambari Kota Baubau akan mulai direnovasi pada Juli 2023 mendatang, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk pengerjaan pagar keliling.

Program tersebut merupakan salah satu program prioritas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau, yang mana mengambil pelajaran dari pengalaman kegagalan sebelumnya dalam menata Stadion Betoambari yang menuai kontroversi.

Sehingga membuat Pemkot Baubau lebih menekankan lagi perihal konsep dan desain untuk kawasan Stadion Betoambari yang mana manfaatnya bukan hanya saja dirasakan oleh masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga di sana, namun juga para UMKM yang mendirikan lapak tidak jauh dari stadion tersebut.

Wirman, Konsultan dan Perencanaan Ideta, menuturkan kawasan Betoambari saat ini tumbuh begitu cepat sehingga butuh penataan yang terencana. Dimana menjadi upaya oleh pihaknya agar segera melaksanakan pengerjaan tersebut.

Ia mengatakan, saat ini sudah memasuki tahap perencanaan kawasan yang merupakan hasil audiensi dengan Pemerintah Kota Baubau. Kata dia, yang paling difokuskan dan diutamakan pada proses pengerjaan ialah pagar serta pembenahan kawasan di sekitarnya, termasuk di dalamnya dengan ruang ganti yang sering digunakan pengunjung.

Baca Juga: Dishub Berdalih Perubahan Rute Kapal Cepat Diputuskan KSOP Kendari, DPRD Muna Mengadu ke Ombudsman

Terkait waktu pengerjaan renovasi stadion, Wirman membeberkan, diperkirakan akan mulai dilaksanakan pada Juli 2024 mendatang. Sedangkan ketika ditanya perihal waktu rampung pengerjaan renovasi Stadion Betoambari, ia masih belum bisa memastikan kapan akan selesai.

“Rampungnya kita menunggu hasil perencanaan, karena dari situ bisa dilihat berapa lama waktu pengerjaannya. Pemkot sudah sediakan anggarannya,” ungkapnya.

Di lain kesempatan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau, Mohammad Tasdik, membenarkan adanya kucuran dana untuk proses pengerjaan renovasi Stadion Betoambari, yakni sebesar Rp 1,2 miliar.

Baca Juga: Oknum Komisioner KPU dan Bawaslu Konawe Diduga Langgar Kode Etik dan Lakukan Penipuan

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan perlunya melakukan renovasi kembali pada Stadion Betoambari dikarenakan kondisinya yang saat ini, khususnya pada saat musim hujan, ditemukan volume debit air yang banyak merembes mengalir keluar hingga ke jalan raya.

Ia mengatakan, pada awal pengerjaan yang diutamakan ialah merombak kembali pagar yang ada saat ini dengan pagar keliling termasuk di dalamnya ruang ganti. Saat ini Stadion Betoambari tengah ditinjau lokasinya dengan menyesuaikan anggaran yang telah disediakan.

“Kalau memang memungkinkan kita harus lakukan semua itu,” ujarnya pada awak media, Rabu (29/5/2024). (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga