Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Capaian Kinerja Terus Digenjot

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sambangi Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Capaian Kinerja Terus Digenjot
Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Dr. Lucky Agung Binarto, berkunjung ke Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Dr. Lucky Agung Binarto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, memimpin kunjungan ke Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara untuk memperkuat pelaksanaan tugas, fungsi, dan reformasi birokrasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang tahun 2024, Dr. Lucky Agung Binarto, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, memimpin kunjungan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara untuk memperkuat pelaksanaan tugas, fungsi, dan reformasi birokrasi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, menyambut kedatangan Lucky Agung Binarto dengan penuh antusias dan menyatakan terima kasih atas kunjungannya. Ia menyoroti upaya Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan kinerja organisasi.

"Saat ini Kanwil Sultra terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi melalui pelaksanaan tugas dan fungsinya," ujar Sivester, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Sambangi Kanwil Kemenkumham Beri 3 Pesan Penting

Capaian luar biasa Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara tergambar dari perolehan predikat P2HAM terbaik nomor 1 secara nasional, yang diakui langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly.

Silvester menegaskan komitmen Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara dalam mengikuti kontestasi Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan reformasi birokrasi. Tahun ini, berpartisipasi dalam kontestasi Wilayah Bebas Birokrasi Melayani (WBBM) dan Bapas Baubau dalam konsistensi WBK.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, dorong Reformasi Birokrasi di Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Pencapaian terbaru juga termanifestasi dalam inovasi aplikasi Sistem Laporan Informasi Layanan Berbasis Aplikasi (SILILABA). Kakanwil Sultra dalam penjelasannya, menyebut SILILABA sebagai terobosan digital yang memberikan transparansi terkait informasi lapas/rutan, bapas, keimigrasian, dan lainnya kepada masyarakat.

"Aplikasi SILILABA ini berisikan informasi kehadiran pegawai per harinya, data warga binaan pemasyarakatan, jumlah kunjungan di lapas/rutan, jumlah pembuatan paspor, serta jumlah warga asing yang masuk di Sulawesi Tenggara," ungkap Kakanwil.

Lucky Agung Binarto dalam upayanya memperkuat reformasi birokrasi, mengajak seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara untuk menggelorakan semangat yel-yel salam Pancasila dan salam pembaharuan "Kami PASTI," sebagai wujud integritas dan semangat pegawai Kemenkumham.

Ia juga mengemukakan tiga arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi: birokrasi yang berdampak pada masyarakat, bukan tumpukan kertas, dan birokrasi yang harus lincah dan cepat.

Dalam mengawal reformasi birokrasi tematik, Lucky Agung Binarto menyampaikan tujuan program tersebut, yakni mempercepat manfaat program pembangunan agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, serta mempercepat penyelesaian permasalahan.

"Tugas reformasi birokrasi tematik adalah mempercepat manfaat program pembangunan agar dirasakan langsung oleh masyarakat serta mempercepat penyelesaian permasalahan," kata Lucky Agung Binarto.

Baca Juga: Pemenuhan Data Dukung, Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Sambangi Rutan Kelas IIB Unaaha

Dengan semangat untuk mencapai tujuan tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi menekankan pentingnya birokrasi yang bersih, rfektif, dan berdaya saing guna mendukung pembangunan nasional dan pelayanan publik.

"Tujuan reformasi birokrasi adalah menciptakan birokrasi yang bersih, efektif, dan berdaya saing guna mendorong pembangunan nasional dan pelayanan publik," tambahnya.

Dengan kunjungan ini, diharapkan semangat reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja di Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara semakin menggelora, membawa dampak positif bagi masyarakat Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga