Stikes Pelita Ibu Wisuda Ratusan Mahasiswa, Ini Pesan Kepala LLDIKTI

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Stikes Pelita Ibu Wisuda Ratusan Mahasiswa, Ini Pesan Kepala LLDIKTI
Sebanyak 252 lulusan Stikes Pelita Ibu Kendari diwisuda, Senin, (4/8/2023). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu Kendari diwisuda "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu Kendari diwisuda, Senin (4/9/2023).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Sultanbatara, Andi Lukman turut hadir beri ucapan selamat dan pesan kepada wisudawan maupun Stikes Pelita Ibu.

Dalam sambutannya, Lukman berpesan untuk perguruan tinggi tidak terlalu banyak memberi teori pada kegiatan belajar mengajar.

Kebijakan perguruan tinggi kini harus berkiblat pada program kampus merdeka belajar, yang membebaskan mahasiswanya dari kungkungan teori dan belajar dalam kelas.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Kedatangan Direktur RS Unhas, Papar Pentingnya Rekam Medis Elektronik

Kata Lukman, setidaknya ada tiga yang mesti diwujudkan perguruan tinggi untuk mahasiswanya, yaitu lulusan harus punya pengetahuan yang tinggi, karakter yang luar biasa, dan keterampilan yang mumpuni.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Sultanbarata, Andi Lukman hadir dalam wisuda Stikes Pelita Ibu. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Hal tersebut yang nantinya menciptakan mahasiswa yang siap dan cepat bekerja, atau melanjutkan pendidikan maupun menjadi wirausaha.

Lukman menyarankan, Stikes Pelita Ibu untuk mengembangkan program studi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Teknologi informasi dalam pendidikan juga harus diadopsi dan diimplementasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Secara khusus ia mendorong perguruan tinggi untuk punya pusat keunggulan, atau center of excellent. Artinya, perguruan tinggi harus membuat usaha atau industri-industri. Hal ini supaya bisa membawa mahasiswa mengenal dunia usaha.

"Misalnya karena ini kesehatan mungkin membuat klinik, kita membawa mahasiswa kesitu. Yang menjadi tenaga kerja disitu mahasiswa-mahasiswa," jelasnya.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Gelar Yudisium S1 untuk Pertama Kali

Ia juga berpesan perguruan tinggi, termasuk Stikes Pelita Ibu untuk membuat satuan tugas pencegahan pelecehan seksual. Perguruan tinggi harus menangani hal tersebut dengan baik dan menjadi tempat yang nyaman untuk mahasiswa.

Tempat sama, Ketua Stikes Pelita Ibu, Rosmawati Ibrahim memembeberkan ada 252 lulusan yang diwisuda. Meski sudah meluluskan 2035 mahasiswa, wisuda kali ini merupakan perdana bagi program studi S1 Kebidanan, S1 Farmasi dan S1 Administrasi Rumah Sakit.

Ia juga melontar pesan kepada wisudawan, untuk tak berhenti menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan terus melanjutkan pendidikan setinggi mungkin.

Pesan lainnya, ia meminta para alumni dan wisudawan untuk senantiasa menjaga nama baik almamater di dunia sosial masyarakat maupun pekerjaan. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga