STIKOM 22 Januari Target Alumni Langsung Kerja

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 04 Maret 2023
0 dilihat
STIKOM 22 Januari Target Alumni Langsung Kerja
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) 22 Januari Kendari, menargetkan mahasiswa memiliki karya dan alumninya dapat langsung bekerja. Foto: Ist.

" STIKOM 22 Januari memiliki visi mahasiswa yang menciptakan karya "

KENDARI, TELISIK.ID – Pada awal didirikan, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) 22 Januari memiliki komitmen membuat mahasiswa berkarya dan lulusannya dapat langsung bekerja. Hal itu sebagai wujud menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

STIKOM 22 Januari memiliki visi mahasiswa yang menciptakan karya. Diketahui, sumber daya manusia (SDM) erat kaitannya dengan perkembangan IT.

STIKOM 22 Januari berdiri sejak tahun 2018 dan mulai beroperasi pada tahun 2019. Kampus ini memiliki 2 program studi yaitu sistem informasi dengan gelar sarjana komputer (S.Kom) dan program studi teknik komputer dengan gelar sarjana teknik (ST).

Pendaftaran mahasiswa dilakukan setiap tahun sebanyak 2 gelombang. Yang pertama periode Mei dan kedua pada periode Agustus. Dalam sekali penerimaan, jumlah mahasiswa kurang lebih 100 orang di setiap angkatannya. Tenaga pendidiknya ada beberapa dosen dengan background ilmu komputer.

Baca Juga: Universitas Terbuka Kendari Siapkan Jurusan Ini bagi Mahasiswa Baru

Ketua yayasan sekaligus salah satu pendiri STIKOM 22 Januari, Irfan Sepria Baresi menjelaskan, proses kaderisasi mahasiswa  yang memiliki potensi akademik yang baik, pada akhirnya akan difasilitasi untuk lanjut S2 dan kembali untuk menjadi tenaga pendidik di kampus ini. Tanpa tanggung-tanggung, karena target hingga 5 tahun ke depan pengembangan SDM.

"Kami juga memiliki program yang mendukung prestasi mahasiswa, sehingga setiap even tentang teknologi informasi, mahasiswa diikutsertakan. Sejak beroperasinya sampai dengan saat ini, kami sudah memiliki prestasi hingga tingkat nasional bersaing dengan beberapa kampus ternama,’’ ucapnya.  

Baca Juga: Mahasiswa dan Alumni Dipersiapkan untuk Pembangunan Ibu Kota Negara

Ia menambahkan, sasaran pendirian STIKOM memang untuk mereka yang gemar dan menyukai IT. Apalagi di sini perkuliahan berbasis proyek, artinya 1 mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa dinilai bukan dari UTS atau UAS, tetapi ada proyek yang mereka hasilkan.

‘’Contohnya jika ada mata kuliah desain game, programnya itu ada game yang mereka hasilkan. Sehingga mahasiswa mampu menghasilkan proyeknya sendiri,’’ jelasnya.

Wiwin Sri Lestari, salah seorang mahasiswa berprestasi di STIKOM 22 Januari yang pernah menjadi Duta MBKM 2021 menjelaskan, selama ia kuliah di sini, ia mempelajari tentang IT dan langsung pada implementasiannya, sehingga semua mahasiswa memiliki bekal karya. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga