Stok Beras di Buton Aman hingga Lebaran

Febriyani, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
Stok Beras di Buton Aman hingga Lebaran
Penjabat Bupati Buton, La Ode Mustari, saat menyambangi Rumah Pangan Kita (RPK) yang ada di Pasar Sabho Buton, untuk memastikan stok beras. Foto: Febriyani/Telisik

" Pj Bupati Buton, La Ode Mustari, meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan untuk memantau distributor beras SPHP agar tidak terjadi oplosan beras SPHP "

BUTON, TELISIK.ID - Penjabat Bupati Buton, La Ode Mustari, menyambangi salah satu pasar tradisional Buton, Pasar Sabho, untuk memastikan pasokan beras menjelang bulan suci Ramadan.

La Ode Mustari menyambangi setiap kios yang menjadi mitra Rumah Pangan Kita (RPK) memantau ketersedian beras SPHP, serta memantau harga beras yang kian melonjak.

"Saat ini stok beras kita aman, insyaAllah hingga lebaran nanti masih aman. Lonjakan harganya masih terbilang stabil," kata La Ode Mustari saat menyambangi kios di pasar tradisional, Sabho, Rabu (28/2/2024).

La Ode Mustari meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan untuk memantau distributor beras SPHP  agar tidak terjadi oplosan beras SPHP.

Pj. Bupati Buton, La Ode Mustari saat mensurvei beras SPHP di pasar Sabho Kabupaten Buton. Foto: Ist.

"Kita khawatir nanti ada oplosan beras SPHP. Maksdnya beras SPHP yang diambil dari Bulog, atau yang dibeli dari kios mitra RPK, dijual kembali dengan harga tinggi, apalagi jangan sampai karungnya diganti. Melonjaknya harga beras seperti ini kita harus tetap siaga, agar harga beras di pasar tidak semakin melonjak," ungkap La Ode Mustari.

Baca Juga: Kadis Ketahanan Pangan Buton Sentil Pedagang Mainkan Harga Beras SPHP

Orang nomor satu di bumi penghasil aspal ini, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah meluncurkan beras SPHP sebagai stabilisasi di tengah naiknya harga beras.

Selain beras SPHP, pemerintah pusat juga terus meluncurkan bansos beras tiap bulannya yang sangat membantu masyarakat di tengah kondisi saat ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Buton, La Lodi mengatakan, pihaknya terus memantau distributor beras SPHP ini.

Pj. Bupati Buton, La Ode Mustari saat memasuki Pasar Sabho Kabupaten Buton. Foto: Ist.

 

"Kita terus pantau ini distributor beras SPHP. Hanya mitra RPK yang bisa menjual beras ini. Untuk di Kecamatan Pasarwajo ini ada delapan mitra RPK, yakni di Pasar Sabho ada enam, dan di Pasar Kaloko ada 2," jelasnya.

Baca Juga: Harga Beras Naik, Pemda Muna Barat Bakal Subsidi

La Lodi juga mengatakan, untuk bantuan beras akan terus berjalan hingga bulan Juli, harapannya bisa membantu masyarakat, dan harga beras akan segerah stabil.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton, La Naji mengungkapkan, sekarang masyarakat mulai minat pada beras SPHP.

"Beras SPHP sekarang sudah diminati masyarakat, mereka bilang rasanya sudah sama dengan beras yang mahal. Daya jualnya di kios pun cepat habis," tandasnya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga