Stok dan Harga Pangan Kota Kendari Dipastikan Stabil hingga Akhir Tahun

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
Stok dan Harga Pangan Kota Kendari Dipastikan Stabil hingga Akhir Tahun
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (tengah duduk) di dampingi oleh Kepala Kanwil KPPU Makasar, Hilman Pujana saat memantau sejumlah komoditas bahan pokok di Pasar Baruga. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

" Saat ini sejumlah harga komoditi bahan pokok di Kota Kendari seperti bawang, cabai dan minyak goreng terpantau aman dan stabil "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini sejumlah harga komoditi bahan pokok di Kota Kendari seperti bawang, cabai dan minyak goreng terpantau aman dan stabil. Selain itu stoknya juga masih cukup hingga beberapa bulan ke depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat memantau komiditas bahan pokok di Pasar Baruga pada Kamis (28/7/2022) pagi.

Dengan kestabilan impor yang berjalan dengan baik selama beberapa bulan terakhir, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari optimis bahan pokok bisa terpenuhi sampai dengan akhir tahun.

"Semoga ini bisa terus kita pertahankan, baik dari segi stok serta harganya, harus selalu dijaga agar bisa stabil dan tercukupi," ungkapnya.

Selain memantau komoditas bahan pangan, politisi PKS ini juga melihat proses rehabilitasi lapak pasar, khususnya tempat penjualan ikan, yang sementara proses pembangunan.

"Kita juga mengecek pembangunan lapak, yang sedang dilakukan pengerjaan. Di mana kita targetkan akhir tahun ini, tempat tersebut bisa selesai. Agar para penjual bisa segera menggunakan lapak tersebut, dengan harapan bisa memberikan gairah dan menjadi nilai lebih untuk menggaet pembeli," jelasnya.

Sementara Kepala Kanwil IV Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Makasar, Hilman Pujana yang turut hadir bersama wali kota mengatakan bahwa Kota Kendari menjadi salah satu wilayah kerja dari KPPU Makasar, sehingga sudah menjadi tugas, untuk mengawasi setiap suplai bahan pokok.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyapa sejumlah pedagang pasar. Foto: Ist

 

"Berdasarkan pantauan kami, sejuah ini untuk wilayah Kota Kendari masih terbilang cukup aman dan harga cukup stabil untuk bahan pokoknya. Dan tentu ini yang harus dijaga, agar kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan harga yang terjangkau," katanya.

Berdasarkan pantauan, beberapa komoditas bahan pangan yang ada berasal dari luar, seperti di daerah Muna, Konawe, Konawe Selatan. Dan tentunya relasi dengan daerah-daerah penghasil ini harus dijalin dengan baik, agar pasokan bahan pangan bisa tetap stabil.

Baca Juga: 285 Jemaah Haji Tiba di Kendari 5 Agustus, Penjemput Maksimal Dua Orang

"Sehingga pasokan bahan pangan yang masuk lancar, kemudian bisa terjaga, agar berbagai kebutuhan masyarakat bisa terjangkau seluruhnya. Artinya jangan sampai ada permintaan yang tinggi, tetapi tidak diikuti dengan suplai yang mencukupi. Dan tentu ini yang harus diperhatikan oleh pemerintah," jelasnya.

Melihat kondisi ketersediaan pangan yang ada, dirinya mengapresiasi Wali Kota Kendari yang betul-betul menjalin koordinasi dengan baik, terhadap para kepala daerah pensuplai bahan pokok.

Wali Kota Kendari bersama Kepala Kanwil IV Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Makassar serta Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari memantau langsung harga dan pasokan sejumlah bahan pokok di Pasar Baruga Kota Kendari, Kamis (28/7/2022). Foto: Ist

 

"Memang harus memperbanyak jaringan terhadap daerah-daerah penghasil agar pasokan bahan pokok tetap terjaga. Terlebih bapak Wali Kota Kendari menyampaikan telah menjalani koordinasi dengan beberapa daerah, bahkan dari selatan untuk beberapa prodak. Ini menjadi sebuah hal yang sangat baik, untuk menjamin ketersediaan stok pangan," jelasnya.

Baca Juga: 1.716 Mahasiswa UHO Ikuti Wisuda Periode April-Juli 2022

Salah satu penjual telur di Pasar Baruga, Canti berharap agar ketersediaan bahan pangan bisa terus ada dan dengan harganya yang cukup maksimal.

"Semoga saja ini bisa terus bertahan, tidak ada lagi kelangkaan yang menyebabkan harga bahan pokok terutama telur melonjak tinggi. Karena kami sebagai penjual, akan sangat kesusahan, jika bahan langkah. Itu akan susah untuk di jual, karena barang akan menjadi mahal," ujarnya. (A-Adv)

Penulis: Muhammad Ilwanto/Sasmiraza

Editor: Musdar

Baca Juga