Stok Pangan Diperkirakan Aman Jelang Nataru

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 17 Desember 2022
0 dilihat
Stok Pangan Diperkirakan Aman Jelang Nataru
Kansilog Raha meminta agar di Kabupaten Muna Barat disiapkan pusat kantor logistik di 11 kecamatan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Meskipun stok aman, namun harga pasaran melonjak yaitu pada beras, minyak goreng serta telur "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Stok pangan di Kabupaten Muna Barat diperkirakan aman menjelang Natal dan Tahun Baru 2023. Meskipun dari segi harga, mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka mengatakan pihaknya telah mengecek informasi harga pasaran di beberapa tempat, cukup menopang dalam mengantisipasi stok pangan menjelang nataru.

"Sangat siap, cuma kendalanya harga melonjak naik," ungkapnya, Sabtu (17/12/2022).

Dikatakannya, harga pasaran yang melonjak yaitu pada beras, minyak goreng serta telur. Di mana harga beras dari Rp 100.000 per 10 kg kini menjadi Rp 115.000, untuk telur per rak seharga Rp 60.000 dari harga Rp 53.000, untuk minyak goreng Rp 22.000 menjadi Rp 24.000.

Untuk itu, pemerintah daerah saat ini masih terus menggenjot pasar murah untuk menangani lonjakan harga pada saat nataru.

Baca Juga: Jangan Buat Gerakan yang Membahayakan Warga Muna di Papua

Sementara itu, Kansilog Raha, Ritno mengatakan bahwa persiapan pangan di Bulog saat ini bisa menjamin sampai menjelang natal dan tahun baru 2023, namun saat ini yang perlu diperhatikan terkait stabilitas harga bagi masyarakat.

"Untuk stok ada, namun yang dipikirkan itu stabilitas harga, bagaimana cara agar beberapa kebutuhan ini bisa terbeli oleh masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Penundaan Putusan Sengketa Pilkades di Muna Bisa Timbulkan Kerawanan di Desa

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat dapat berkontribusi bersama Bulog agar stabilitas harga tetap terjamin sepanjang tahun.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar di Kabupaten Muna Barat disiapkan pusat kantor logistik, ini bertujuan agar ada kesamaan harga antara di Muna dan di Muna Barat.

"Dengan catatan, ini disalurkan untuk masyarakat bukan bagi pedagang," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga