Stok Sapi Kurban Jelang Idul Adha di Konsel Tergolong Aman

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 29 Juli 2020
0 dilihat
Stok Sapi Kurban Jelang Idul Adha di Konsel Tergolong Aman
Sapi Kurban. Foto: Repro Google

" Banyak Sapi hasil inseminasi buatan atau kawin suntik. termasuk Sapi kurbannya presiden dari Konsel. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jelang hari raya Idul Adha 31 Juli 2020 mendatang, Pemda Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memastikan stok hewan kurban khususnya Sapi masih tergolong aman.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Kepala Bidang Produksi dan Perbibitan, Suardi mengatakan, ketersediaan hewan kurban di Konsel sangat cukup sekitar 2.100 ekor.

“Untuk jumlah sapi di Konsel menjelang Idul Adha masih aman dan sangat banyak, saat ini stok Sapi di Konsel masih sekitar 2.100 ekor," kata Suardi, Rabu (29/7/2020).

Suardi menyebutkan, Sapi yang berasal dari Konsel bahkan banyak dikirim di daereah lain seperti Kabupaten Kolaka, Bombana, Kolaka Utara, Konawe, Kota Kendari, bahkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Selain itu, jenis Sapi yang disiapkan mulai dari jenis Sapi Bali, Sapi Limosin dan Sapi Brahman merupakan hasil produksi sendiri dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konsel.

Baca juga: Dinsos Muna Belum Terima Data Pedagang Penerima Bantuan Uang Tunai

"Banyak Sapi hasil inseminasi buatan atau kawin suntik. termasuk Sapi kurbannya presiden dari Konsel," ungkapnya.

Ketersediaan hewan kurban di Konsel yang tergolong banyak dipengaruhi oleh rendahnya daya beli masyarakat akibat wabah COVID-19 di Konsel.

"Daya beli masih rendah, selain itu harga Sapi yang semakin melonjak, tidak seperti tahun-tahun kemarin yang masih tergolong relatif," jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya hewan yang berpenyakit Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan pengawasan secara ketat.

"Dipastikan semua Sapi yang didistribusi itu sehat," tandasnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga