Studi Sebut Kera Besar Suka Bercanda seperti Manusia

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 19 Mei 2024
0 dilihat
Studi Sebut Kera Besar Suka Bercanda seperti Manusia
Menurut penelitian kera besar mempunyai selera humor atau bercanda layaknya manusia. Foto: Repro Cnnindonesia.com

" Penelitian terbaru mengungkapkan kera besar mempunyai selera humor atau bercanda seperti layaknya manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Penelitian terbaru mengungkapkan kera besar mempunyai selera humor atau bercanda seperti layaknya manusia.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, hali itu, dipublikasikan melalui jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Science ini menemukan perilaku humor yang dilakukan kera besar seperti orang utan, simpanse, bonobo dan gorila mirip dengan manusia.

"Seperti perilaku bercanda pada manusia, ejekan pada kera bersifat provokatif, terus-menerus, dan mencakup unsur kejutan dan permainan," tulis para peneliti dalam jurnal yang terbit 14 Februari 2024.

Baca Juga: 7 Hewan Ini Hidup Tanpa Buang Air Besar

Dari penelitian ini, para peneliti berteori bayi manusia dapat bercanda bahkan sebelum mereka dapat berbicara. Menurut para peneliti, perilaku serupa juga dapat ditunjukkan oleh hewan.

Untuk membuktikannya, para peneliti menganalisis kumpulan video interaksi sosial spontan antar kera di kebun binatang di Leipzig, Jerman, dan San Diego, AS, dengan memperhatikan tindakan, gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan respons target.

Para peneliti juga menilai apakah ada target tertentu, apakah perilaku tersebut bertahan atau meningkat, dan apakah dari perilaku tersebut mereka menunggu hingga target merespons.

Hasilnya, menemukan bahwa dari keempat spesies kera besar tersebut menunjukkan perilaku provokatif yang disengaja dan seringkali disertai permainan.

Mengutip dari Mongabay.co.id, dari semua spesies, perilaku menggoda yang paling umum adalah menyodok 21%, memukul 15%, menghalangi gerakan sejenis 11%, membanting badan 9?ik memukul lembut atau kuat dengan seluruh tubuh, dan menarik bagian tubuh sejenis 8%. Kelima perilaku menggoda ini menyumbang 64 persen dari seluruh perilaku menggoda.

“Ejekan lucu pada kera besar bersifat sepihak, sering kali datang dari penggoda sepanjang interaksi dan jarang dibalas. Hewan-hewan ini juga jarang menggunakan isyarat bermain seperti ‘wajah bermain’ primata, yang mirip dengan apa yang kita sebut senyuman, atau isyarat ‘menahan’ yang menandakan niat mereka untuk bermain,” kata profesor UCLA dan Indiana University (IU), Erica Cartmill, sekaligus penulis senior penelitian tersebut.

Biasanya humor yang dilakukan cenderung terjadi saat kera dalam keadaan santai, seperti saat sedang berdandan, beristirahat, atau mencari makan. Sehingga menurut para peneliti, ini cukup mirip dengan perilaku manusia.

Baca Juga: Hewan Ini Ternyata Bisa Hasilkan Uang hingga Miliaran Rupiah

Meski para peneliti jarang mendapat reaksi agresif dari target humor, mereka berpendapat bahwa humor tetap memiliki potensi mengubah perilaku kera, sehingga masih diperlukan adanya pengawasan.

"Sepertinya karena teaser tersebut memperhatikan dan mengamati reaksi target dengan cermat, seperti memantaunya, mungkin itu seperti 'sejauh mana saya bisa melangkah sampai sesuatu yang buruk terjadi?'" kata Laumer.

Kedepannya, para peneliti berencana untuk menyelidiki fungsi humor atau bercanda pada kera besar dalam menguji batas-batas sosial dan memperkuat hubungannya sama seperti manusia. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga