Suasana Hati Anda Sedang Memburuk? Atasi dengan 5 Makanan Ini

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Senin, 28 Desember 2020
0 dilihat
Suasana Hati Anda Sedang Memburuk? Atasi dengan 5 Makanan Ini
Tak hanya menyehatkan tubuh, tapi 5 makanan ini juga mengatasi suasan hati yang memburuk. Foto: Repro Popmama.com

" Ketika sedang bad mood, pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein termasuk asam amino triptofan, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahukah Anda jika makanan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, juga bisa memperbaiki suasana hati yang buruk atau bad mood.

Terlebih jika Anda sedang mengalami pata hati karena disakti seseorang yang disayangi, pasti sebagian orang cenderung melampiaskannya dengan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Seperti keripik kentang, permen, dan bahkan minuman beralkohol, biasanya yang demikian itu akan lebih dipilih untuk dikonsumsi ketika suasana hati sedang buruk.

Padahal, makanan dan minuman tersebut justru dapat memperburuk suasana hatimu.

Ketika sedang bad mood, pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, protein termasuk asam amino triptofan, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya.

Dikutip dari Alodokter.com, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi ketika suasana hati sedang memburuk seperti.

1. Pisang

Salah satu kontribusi penting dari pisang adalah asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin.

Zat kimia di otak inilah yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

2. Oatmeal

Karena memiliki indeks glikemik yang rendah, oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati buruk.

Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darahmu. Hal ini membantu gula darah dan suasana hati menjadi stabil.

Selain itu, oatmeal juga mengandung selenium yang efektif dalam menjaga suasana hati melalui pengaturan kelenjar tiroid.

Baca juga: Kamar Mandi Banyak Kecoa? Mungkin Ini Penyebabnya

3. Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang baik, tinggi protein dan asam lemak yang penting untuk menjaga kesehatan otak.

Kandungan nutrisi di dalam telur ini menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, telur juga dapat membantu tubuh agar lebih bertenaga.

4. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak.

Kekurangan asam lemak omega-3 akan membuat kamu lebih rentan untuk mengalami suasana hati buruk dan depresi. Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3 harianmu.

5. Cokelat

Sudah bukan rahasia lagi jika cokelat merupakan salah satu makanan yang bisa memperbaiki suasana hati yang sedang kacau.

Menurut penelitian, mengonsumsi cokelat hitam mampu menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dihasilkan tubuh saat stres.

Tidak hanya itu, sebatang cokelat juga bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin serta zat serotonin dalam jumlah banyak.

Baca juga: 5 Tips Atasi Gangguan Libido pada Wanita

Bukan hanya makanan, ternyata meminum air putih juga bisa menenangkan mental seseorang.

Siapa yang bisa menyangkal peran penting air bagi tubuh? Kekurangan air, bahkan dalam jumlah sedikit saja, bisa mengganggu kesehatan fisik dan mentalmu.

Selain itu, kekurangan asupan air juga berisiko menurunkan kemampuan konsentrasi. Untuk itu, kamu disarankan mengonsumsi 1-2 liter air per hari.

Jika bosan, kamu bisa menambahkan daun mint, irisan lemon, atau irisan stoberi ke dalam air putih.

Selain itu, waktu makan juga perlu disesuaikan, sebeb hal ini di anggap bisa membuat susana hati Anda membaik. Terutama sarapan dipagi hari.

Jika kamu pergi tanpa sarapan, artinya Anda memulai hari tanpa bahan bakar yang bisa diubah menjadi energi. Makan tepat waktu juga menghindarkan diri dari suasana hati buruk karena didera rasa lapar.

Aturlah waktu makanmu, agar kadar gula darah tetap stabil, waktu yang disarankan untuk makan adalah tiap 4-5 jam.

Dengan cara ini, kamu bisa menjaga tubuh agar tetap penuh energi, sehingga suasana hati bisa tetap stabil. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga