Suasana Kondusif Pasca Bentrok di Mola, Polres Wakatobi: Mari Kita Jaga Keamanan Ketertiban

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Rabu, 22 Desember 2021
0 dilihat
Suasana Kondusif Pasca Bentrok di Mola, Polres Wakatobi: Mari Kita Jaga Keamanan Ketertiban
Tampak kondisi Desa Mola Raya yang mulai kondisif psasca bentrok. Foto: Boy/Telisik

" Suasana kembali kondusif pasca bentrok warga Mola di Kabupaten Wakatobi, Sultra "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Suasana kembali kondusif pasca bentrok warga Mola di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) tadi malam, Selasa (21/12/2021).

Bentrok yang terjadi antar warga dan kepolisian setempat, mengakibatkan sedikitnya 1 kendaraan milik Bhabinkatibmas hangus terbakar.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, insiden bentrokan tersebut membuat warga cemas dan memilih bertahan di dalam rumah.

Dari pantauan Telisik.id, masyarakat mulai beraktivitas seperti bisanya. Di jalan terlihat pengendara motor dan warung mulai buka kembali.

“Tadi malam wilayah sini tidak ada yang berani keluar. Alhamdulilah sekarang sudah kembali normal," ungkap warga Mola berinisial AI.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Wakatobi, Iptu Juliman mengatakan, saat ini kondisi di Wangi-Wangi secara umum sudah kondusif dan normal kembali.

Meskipun demikian, ia mengakui, hingga kini aparat kepolisian setempat terus melakukan patroli sembari memantau kondisi.

“Alhamdulilah sudah kondusif sekarang, sudah kita beri imbauan kepada kepala Desa Semola Raya, Camat Wangi-Wangi Selatan, bupati, perwira penghubung, dan tokoh-tokoh masyarkat Bajo," ujar Iptu Juliman, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Buntut Kasus Penikaman, Warga Ricuh hingga Bakar Motor Polisi

Selain itu, Polres Wakatobi, AKBP Suharman Sanusi berharap masyarakat tidak melakukan tindakan kriminal pasca bentrok tersebut.

“Pasca kejadian ini jangan lagi ada tindakan yang berlebihan yang merugikan mereka sendiri. Berharap warga tidak terprovokasi dan menyerahkan penanganan kasus awal tersebut sepenuhnya kepada aparat berwenang,” ungkap Suharman Sanusi.

"Komplen dari masyarakat kami terima, dan itu untuk perbaikan internal kami kedepan. Dalam penanganan kasus di Wakatobi, kami tidak sedikitpun membeda-bedakan. Harapan saya kepada masyarakat Wakatobi secara umum dan khususnya masyarakat Desa Mola Raya sama-sama kita jaga keamanan ketertiban masyarakat,” tutupnya.

Untuk diketahui, kronologi kejadian semalam dipicu dengan kasus penganianyaan di Mola yang terjadi sejak 28 November 2021.

Pada saat penyelidikan, kepolisian melakukan pemeriksaan saksi-saksi, yang mana dilakukan wawancara terhadap saksi korban dengan dua orang saksi lainnya.

Baca Juga: Sempat Tersorot Tanpa Pemimpin, Koltim Kembali Bangkit dari Keterpurukan

Di mulai dari pukul 16:00, pada saat akan selesai wawancara di TKP, setelah itu sekitar jam 17: 50 korban dan saksi diarahkan untuk kembali ke rumah.

Namun tiba-tiba saja ada aksi pelemparan batu sehingga meminta bantuan pihak Polsek dan Polres untuk datang menenangkan massa.

Berniat menenangkan massa, alhasil 1 kendaraan Bhabinkatibmas yang diparkir di depan losmen jadi amukan warga. Warga menarik kendaran lalu dirusaki, dilemapari batu hingga dilakukan pembakaran sepeda motor hingga hangus terbakar. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga