Sudah Ada Vaksin, Masyarakat Diimbau Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Marwan Azis, telisik indonesia
Senin, 07 Desember 2020
0 dilihat
Sudah Ada Vaksin, Masyarakat Diimbau Tetap Jalankan Protokol Kesehatan
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo. Foto: Ist.

" Meski sudah ada vaksin, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bapak Presiden menggaris bawahi pentingya 3M dan 3T. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengajak semua pihak agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, meski vaksin sudah ada.

Sebab kunci utama dalam mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan 3 M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

"Meski sudah ada vaksin, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bapak Presiden menggaris bawahi pentingya 3M dan 3T,” tutur Doni dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Lebih lanjut, Doni memastikan pemerintah serta seluruh pimpinan di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota akan terus bekerja keras untuk bisa melayani masyarakat yang terdampak COVID-19. Sebab, keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi.

Selain menerapkan 3M dan 3T, Doni juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaannya masing-masing, sehingga manusia akan tetap mendapat perlindungan-Nya.

Baca juga: Gerindra Minta Dibuat Tim Investigasi Independen Ungkap Penembakan Enam Laskar FPI

"Kita harus meningkatkan juga keimanan dan ketaqwaan kita, sesuai agama kita masing-masing. Karena kita bangsa Indonesia adalah insan Pancasila,” kata Doni.

Di samping itu, olahraga secara teratur, menjaga pola makan, mengatur waktu tidur dan menjaga emosional juga wajib dilakukan. Sebab, hal itu menjadikan imunitas dapat terjaga dengan baik, sebagai pondasi utama tubuh dari ancaman virus.

"Kita juga harus meningkatkan imunitas tubuh kita dengan cara olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, tidak boleh begadang, minimal kita harus tidur selama enam jam,” jelasnya.

Ketua BNPB ini juga menuturkan, dengan adanya vaksin yang ditambah protokol kesehatan tersebut, maka akan lebih meyakinkan bahwa keselamatan dan kesehatan masyarakat dapat lebih dipertahankan dengan baik.

"Vaksin akan menjadikan kita lebih optimis ditambah dengan protokol kesehatan. Insyaallah, Allah SWT melindungi bangsa Indonesia,” tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga