Sudah Puluhan Tahun Mengaspal, Kendaraan Ini Dijuluki Mobil Sejuta Umat

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 15 November 2023
0 dilihat
Sudah Puluhan Tahun Mengaspal, Kendaraan Ini Dijuluki Mobil Sejuta Umat
Perbandingan bentuk Avanza model terbaru (kanan) dan bentuk dari keluaran lama yang terkesan cembung (kanan). Foto: Instagram @MAENRPIAJA, da_guih

" Nama besar Toyota Avanza di kancah otomotif Tanah Air tentu tak perlu diragukan lagi. Pasalnya mobil ini menjadi salah satu kendaraan paling banyak dipilih keluarga. Mobil sejuta umat, istilahnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Nama besar Toyota Avanza di kancah otomotif Tanah Air tentu tak perlu diragukan lagi. Pasalnya mobil ini menjadi salah satu kendaraan paling banyak dipilih keluarga. Mobil sejuta umat, istilahnya.

Bertahun-tahun lamanya, Toyota Avanza berhasil merajai penjualan di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) Tanah Air. Dia tidak sendiri, melainkan bersama dengan kembarannya, Daihatsu Xenia.

Tingginya minat konsumen pada Toyota Avanza tak lepas dari sejumlah kelebihan yang ditawarkan. Sebut saja ground clearance tinggi, konsumsi bahan bakar yang efisien, dan mampu menampung banyak penumpang serta barang.

Apa yang ditawarkan Toyota Avanza, dianggap cocok dengan kultur budaya mengemudi, dan sesuai dengan kondisi jalanan Indonesia. Saking menjadi favorit mobil keluarga.

Perjalanan sejarah Toyota Avanza dimulai pada tahun 2003 silam. Pada awal kemunculannya, Avanza hanya tersedia dalam dua varian, yakni 1.3 E dan 1.3 G. Hanya tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan saja.

Baca Juga: Ferrari Luncurkan Mobil Listrik Tahun Depan

Ketika itu, desain Toyota Avanza agak cembung jadi selera masyarakat saat itu. Meski dari sisi fitur mobil ‘sejuta umat’ ini masih sangatlah minim.

Meski begitu, Avanza berhasil mencuri perhatian para pembeli dengan desainnya, dan tentu fungsinya sebagai MPV 7 penumpang.

"Meski sudah tempo dulu modelnya, saya tetap suka ini mobil, karena bersejarah," ucap seorang pengguna mobil ini sejak tahun 2005, Ridwan Syahrul Arfan, di Kota Kendari, Rabu (15/11/2023).

Interior yang ditawarkan dominan berkelir hitam dan abu-abu, fitur yang ditawarkan pun terkesan jadul. Hal ini terlihat dari pengaturan AC yang belum bisa mengatur arah semburan angin, untuk ke badan penumpang, kaki atau ke arah jendela.

Head unit yang tersedia hanya model single DIN dan hanya mampu memutar kaset. Namun, untuk pengaturan kaca jendela sudah mengadopsi teknologi power wndow di keempat jendelanya, tak ketinggalan pengaturan kaca spion menggunakan model elektrik.

Varian terendah kala itu adalah 1.3 E, mobil ini benar-benar dirancang sangat sederhana. Salah satu yang paling jelas terlihat adalah pelek model kaleng 13 inci, pemutar kaca jendela, dan spion model tipis yang dioperasikan secara manual.

Sesuai data dari toyota.astra.co.id, Toyota All New Avanza ini memiliki beberapa pilihan. Mulai dari mesin 1.300 cc sampai 1.500 cc. Pilihan transmisinya ada manual dan CVT. Bahkan, Avanza 1.5 G CVT ada versi Toyota Safety Sense (TSS), fitur canggih milik Toyota yang membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

All New Toyota Avanza hadir dengan desain yang benar-benar baru. Toyota menonjolkan nuansa canggih dan dinamis. Kesan kokoh tercipta dari desain bumper depan yang bold dengan desain headlamp LED yang tajam dan panel chrome yang semuanya didesain untuk mempertegas kesan elegan dan aktif dari All New Avanza.

Salah satu sales Toyota di kota Kendari, Jafran mengatakan, bodi All New Avanza dari samping lebih panjang dan rendah. Dibentuk dengan garis desain yang halus, tebal, dan kokoh membuat tampilannya semakin elegan.

All New Toyota Avanza kini hadir dengan New Dashing Two Tone 16 Inch Alloy Wheel (1,5 G) dengan tema 3 dimensi kontemporer.

"Mobil ini, benar-benar menghadirkan perubahan yang signifikan dari segi desain dan fitur," katanya, sambil memperlihatkan brosur mobil.

Di sisi belakang eksterior All New Avanza, ada New Fascinating LED Rear Combination with Backdoor Lamp yang All New Avanza tampil lebih modern dan lebar.

Baca Juga: Mobil Listrik Rimac Nevera Pecahkan Rekor Dunia Ngebut Mundur 275 Km/Jam

Dimensi All New Avanza memiliki Sementara salah satu pemilik bengkel dan juga Variasi di Kota Kendari, Midun mengatakan, panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm.

Dimensi baru yang lebih lebar dan lebih panjang ini membuat All New Avanza mampu menghadirkan 7 Seaters yang lebih nyaman dan ekstra luas.

"Gampang kita variasi ini mobil, tapi kecuali yang tahun lama," ucap Midun.

Toyota menyebut, jarak antara penumpang baris pertama dan kedua di All New Avanza adalah 980 mm. Sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Gerak maju mundur 240 mm pada kursi baris kedua dipadu dengan lebar mobil yang ditambah 70 mm memastikan 7 penumpang dapat duduk dan berinteraksi dengan nyaman.

Selain itu, All New Avanza juga dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan. Bahkan, jok All New Toyota Avanza dapat disesuaikan menjadi New Pleasant Long Sofa Mode untuk memberikan ruang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga