Suka Mandi Malam? Ini 7 Dampak Buruk Jika Terlalu Sering

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 Januari 2022
0 dilihat
Suka Mandi Malam? Ini 7 Dampak Buruk Jika Terlalu Sering
Ilustrasi mandi malam. Foto: Repro klikdokter.com

" Membersihkan badan agar dapat tidur dengan nyenyak, tapi ancaman kesehatan yang dikatakan orang tua selalu menghantui "

KENDARI, TELISIK.ID - Padatnya rutinitas atau pekerjaan seringkali membuat orang terpaksa pulang ke rumah sudah larut malam.

Biasanya untuk menyegarkan badan dan pikiran setelah seharian kerja, mandi di malam hari menjadi pilihannya. Hanya saja, mandi di malam hari tentu selalu menjadi dilema.

Maksud hati ingin membersihkan badan agar dapat tidur dengan nyenyak, tapi ancaman kesehatan yang dikatakan orang tua selalu menghantui.

Mengutip idntimes.com, ternyata mandi malam memang memiliki manfaat baik, tapi akan berubah menjadi bahaya jika kamu mengabaikan beberapa faktor penting, diantaranya kondisi tubuh (apakah kamu sedang sehat atau sakit), suhu udara saat itu (sedang sangat dingin atau tidak), dan keadaan/suhu air saat itu (sedang sangat dingin atau tidak).

Kondisi-kondisi tersebut sebenarnya yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika terlalu sering mandi malam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 7 bahaya mandi malam hari untuk kesehatan tubuh:

1. Menambah risiko masuk angin

Jika kamu mandi dengan suhu tubuh yang masih tinggi, kamu bisa mengalami masuk angin. Sebaiknya mandi dengan air hangat atau tidak usah mandi sekalian, cukup basuh wajahmu saja.

2. Memicu penuaan dini

Metabolisme tubuh yang terganggu akibat mandi air dingin pada malam hari akan berimbas pada metabolisme lemak juga. Proses metabolisme lemak yang tidak lancar akan menyebabkan kulit keriput.

3. Memicu demam

Suhu tubuh mengalami peningkatan pada malam hari dan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Air yang dingin akan meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh. Ini membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan tubuh lebih rentan terkena demam.

4. Menyebabkan asam urat

Sering mandi air dingin di malam hari dapat menyebabkan asam urat. Meskipun menyegarkan tubuh, air dingin akan membuat sendi-sendi terasa nyeri. Karena seiring bertambahnya usia, cairan sendi mengalami perubahan komposisi.

Baca Juga: 5 Tips Lolos Wawancara Kerja, Nomor 3 Paling Penting

5. Menyebabkan nyeri otot

Pori-pori kulit yang terbuka pada malam hari menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi. Hal ini akan menyebabkan nyeri-nyeri pada otot.

6. Memicu paru-paru basah

Banyak orang sudah mengetahui hal ini. Benar, sering mandi malam dengan air dingin akan memicu paru-paru basah. Kamu pasti merasakan masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya.

7. Mengganggu metabolisme tubuh

Di malam hari, suhu tubuh melemah dan perlu untuk beristirahat. Mandi air dingin pada malam hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Mudah Agar Tidur Lebih Nyenyak

Mengutip orami.co.id, hal ini dapat terjadi karena, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan akan membutuhkan istirahat. Jika mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pada hormon tubuh. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga