adplus-dvertising

Suka Menggigit Kuku? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 07 Oktober 2022
314 dilihat
Suka Menggigit Kuku? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan
Kebiasaan menggigit kuku dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Foto: Repro tribunnews.com

" Menggigit kuku bisa meningkatkan risiko paronikia, infeksi kuku. Gejala paronikia bisa termasuk area yang nyeri, merah, bengkak di sekitar kuku "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu kebiasaan kurang baik yang sering dilakukan seseorang adalah mengigit-gigit kuku. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Pada umumnya, dikutip dari alodokter.com, kebiasaan menggigit kuku atau dalam bahasa medisnya disebut onychophagia bisa muncul di masa kanak-kanak dan berkembang hingga dewasa.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi kebiasaan ini kerap dilakukan saat seseorang sedang berpikir, menunggu, malu, bosan, frustasi, cemas, bahkan stres.


Melansir yoursay.id dari Vital Record, berikut beberapa  bahaya kebiasaan menggigit kuku bagi kesehatan:

1. Ada Banyak Kuman

Bahkan jika kamu sering mencuci tangan, tidak menjamin bahwa kukumu bersih dari kuman. Sangat sulit untuk membersihkan kotoran di bawah kuku. Bisa dibayangkan bahwa berapa banyak kuman yang bisa masuk ke dalam tubuhmu saat menggigit kuku.

Baca Juga: Hati-Hati, 7 Cara Minum Teh Ini Bisa Picu Penyakit

Ketika banyak kuman yang masuk, peluang kamu untuk sakit akan lebih besar. Pastikan untuk mencuci tangan kamu secara menyeluruh dan memberikan perhatian ekstra pada kuku kamu.

2. Meningkatkan Risiko Infeksi

Menggigit kuku bisa meningkatkan risiko paronikia, infeksi kuku. Gejala paronikia bisa termasuk area yang nyeri, merah, bengkak di sekitar kuku. Jika infeksinya adalah bakteri, mungkin ada lepuh berisi nanah di tempat tersebut. Tentu saja hal itu tidak ingin kamu rasakan.

3. Tidak Baik untuk Gigi

Kamu tidak disarankan menggunakan gigi sebagai alat, selain untuk mengunyah makanan. Menggigit kuku secara teratur dapat menyebabkan gigi kamu bergeser keluar dari tempatnya. Dengan begitu, kamu memerlukan kawat gigi untuk memperbaikinya.

Menggigit kuku juga bisa menyebabkan gigi patah atau merusak email gigi. Kuman juga berpotensi menginfeksi, atau menyebabkan iritasi, pada gusi kamu. Lalu bakteri yang ada di jari atau kuku kamu dapat berlama-lama di mulut bisa menyebabkan halitosis, atau bau mulut.

4. Menumbuhkan Bintil Kuku

Ketika sepotong kulit yang robek di akar kuku kamu muncul, itu bisa menyebabkan munculnya bintil kuku. Ini terjadi karena kamu terus menerus menggigit kuku dan tanpa sadar merobek kulitnya.

Baca Juga: Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Pembekuan Darah

Hangnails adalah luka terbuka yang mudah terinfeksi. Cara terbaik untuk menghindari luka yang menyakitkan adalah dengan mencegah terbentuknya bintil kuku dengan melembabkan secara teratur.

5. Risiko Keracunan

Jika kamu suka mewarnai kuku, sebaiknya kamu dengan cepat menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Hal itu karena cat kuku memiliki kandungan bahan kimia yang tidak boleh dikonsumsi.

Jadi saat menggigit kuku, kamu secata tidak sadar membiarkan dirimu keracunan cepat atau lambat. Lebih baik untuk menghentikannya segera daripada mengobatinya nanti.

Nah, itulah beberapa bahaya yang bisa disebabkan dari kebiasaan menggigit kuku. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga