Sulawesi Tenggara Alami Curah Hujan Tinggi, Ini Sebabnya

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Sulawesi Tenggara Alami Curah Hujan Tinggi, Ini Sebabnya
Sulawesi Tenggara alami curah hujang tinggi sejak tanggal 10 Juni 2023, masyarakat diimbau waspada dengan kondisi perubahan cuaca. Foto: La Ode Andi Rahmat/Telisik

" Curah hujan tinggi melanda Sulawesi Tenggara 4 hari terakhir, termasuk wilayah Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Curah hujan tinggi melanda Sulawesi Tenggara 4 hari terakhir, termasuk wilayah Kota Kendari. Mulai tanggal 10-13 Juni, intensitas hujan terbilang sangat tinggi.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie mengatakan, berdasarkan update analisa dinamika atmosfer, hujan yang terjadi disebabkan ada gangguan regional yaitu aktifnya gelombang equtorial serta adanya belokan angin di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Hal itu mengakibatkan terjadi peningkatan curah hujan hampir di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara dan ini berlangsung mulai dari hari sabtu kemarin," terang Faizal, Rabu (14/6/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, prediksi akan terjadi penurunan curah hujan untuk tanggal 15 Juni 2023 mendatang, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan kondisi perubahan cuaca.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai La Nina, Potensi Curah Hujan Diprediksi Meningkat 70 Persen

"Diimbau warga untuk selalu waspada dan berhati-hati akibat dari peningkatan curah hujan tersebut terutama daerah rawan banjir, tanah longsor dan sebagainya," jelas Faizal.

Prakirawan BMKG Stasiun Maritim Kendari, Herimanto Rangan menguraikan prediksi cuaca di Sulawesi Tenggara hingga 19 Juni 2023 mendatang.

Kamis 15 Juni 2023, prediksi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara tidak terguyur hujan.

Jumat 16 Juni 2023, prediksi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara tidak terguyur hujan.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi Enam Kabupaten di Nusa Tenggara Timur Diminta Waspada

Sabtu 17 Juni 2023, prediksi wilayah Konawe Kepulauan dan Konawe Selatan hujan sedang disertai guntur dan angin kencang.

Minggu 18 Juni 2023, prediksi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara tidak terguyur hujan.

Senin 19 Maret 2023, prediksi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara tidak terguyur hujan. (B)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga