Sultra di Posisi 4 Terbawah, Gubernur Genjot Bupati/Wali Kota Percepatan Vaksinasi

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 13 Desember 2021
0 dilihat
Sultra di Posisi 4 Terbawah, Gubernur Genjot Bupati/Wali Kota Percepatan Vaksinasi
Gubernur Sultra Ali Mazi saat menyampaikan pidato pada penyerahan DIPA dan TKDD tahun anggaran 2022. Foto: Ist.

" Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta seluruh kabupaten/kota segera melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih berada di posisi empat terbawah angka capaian vaksinasi di Indonesia.

Hingga 9 Desember, capaian vaksinasi sebesar 45,59 persen atau sebanyak 912.914 warga telah melakukan vaksinasi dari target sasaran sebanyak 2.002.579 orang.

Gubernur Sultra, Ali Mazi meminta seluruh kabupaten/kota segera melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi seperti yang disampaikan Menteri Dalam Negeri saat rapat koordinasi pekan lalu.

Politisi Partai Nasdem ini menekankan pada bupati dan wali kota harus bersikap aktif dalam percepatan vaksinasi dengan cara menjemput warga yang hendak divaksin dan memberikan hadiah pada mereka.

Ini dilakukan, kata dia, agar mereka tertarik melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Kota Kendari Butuh 14.885 Dosis Vaksin untuk Capai Herd Immunity

"Saya harapkan puskesmas-puskesmas di kabupaten/kota jangan hanya menunggu bola datang, menunggu pasien datang. Kalau masyarakat hari ini kita suruh datang saya kira mereka akan sulit, tetapi kita harus menjemput mereka,  memberikan edukasi pada mereka terutama memberikan sesuatu," jelas gubernur saat penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2022, Senin (13/12/2021).

Gubernur menambahkan, data yang dia terima dari Dinas Kesehatan menyebutkan angka vaksinasi tertinggi masih terdapat di tiga daerah yaitu Kota Kendari dengan capaian vaksinasi mencapai angka 68,35 persen, Konawe Utara 60,59 persen dan Bombana sebesar 58,27 persen.

Sedangkan terendah terdapat di Kabupaten Konawe Kepulauan dengan persentase 22,21 persen.

Baca Juga: Kendari Tertinggi Capaian Vaksinasi COVID-19, Konkep Terendah

Gubernur berharap agar 14 kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya masih rendah, segera lakukan percepatan dengan mengupayakan berbagai terobosan.

"Dengan kerja keras, kekompakan, harmonisasi diantara kita mudah-mudahan Sulawesi Tenggara bisa bersaing dengan daerah lain, kita tidak mendapatkan nomor paling buncit lagi empat paling bawah," ujar Ali Mazi.

Gubernur yakin dengan kerja keras para bupati dan wali kota didukung TNI, Polri dan Forkopimda, akhir tahun 2021 angka vaksinasi di Sultra bisa mencapai angka 70 persen atau terciptanya herd Immunity. (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga