Sultra Masuk 14 Provinsi Paling Siap Belajar Tatap Muka

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 07 Januari 2021
0 dilihat
Sultra Masuk 14 Provinsi Paling Siap Belajar Tatap Muka
Sejumlah siswa berjalan menuju kelasnya saat hari pertama masuk sekolah pembelajaran tatap muka di SMAN 1 Mataram, NTB, Senin (4/1/2021). Foto: Antara Foto

" Dari hasil rekap dan kajian kami memang 14 Provinsi menyatakan siap, meskipun semua kesiapan dilakukan secara bertahap. Sedangkan 4 provinsi akan melakukan Blended Learning, dan 16 provinsi sisanya menyatakan tidak membuka PTM. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Melalui Direktur Jenderal Paud Dikdasmen, Kemendikbud, Jumeri memastikan sudah sebanyak 14 Provinsi di Indonesia yang siap melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Akan tetapi, Jumeri menyatakan, kesiapan yang disampaikan oleh 14 Provinsi tersebut belum ada yang secara mutlak 100 persen siap melaksanakan PTM.

Jumeri menyampaikan, ada 14 provinsi yang telah siap melakukan PTM di antaranya Jawa Barat (Jabar), Yogyakarta, Riau, Sumatra Selatan (Sumsel), Lampung, Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Sulawesi Utara (Sulut).

Baca juga: Tertangkap Basah Like Video Porno di Twitter, Fadli Zon Jadi Bulan-bulan Netizen

Kemudian Sulawesi Tenggara (Sultra), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku Utara (Malut), Bangka Belitung (Babel), Kepulauan Riau (Kepri) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

"Dari hasil rekap dan kajian kami memang 14 Provinsi menyatakan siap, meskipun semua kesiapan dilakukan secara bertahap. Sedangkan 4 provinsi akan melakukan Blended Learning, dan 16 provinsi sisanya menyatakan tidak membuka PTM," kata Jumeri dalam Taklimat Media secara Daring dikutip Gatra.com pada Selasa (5/1/2021) lalu.

Lebih lanjut, Jumeri juga menyebutkan 4 daerah yang menyatakan menyanggupi pelaksanaan Blended Learning atau pembelajaran campuran antara tatap muka dan jarak jauh.

Daerah tersebut diantaranya Maluku, Sumatra Barat (Sumbar), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua.

Baca juga: Rhoma Irama Bakal Dihadirkan di Sidang Praperadilan Habib Rizieq

"Sedangkan, 16 Provinsi yang menunda yakni Aceh, DKI Jakarta, Sumatra Utara (Sumut), Bengkulu, Jambi, Banten, Jawa Tengah (Jateng, Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Barat (Kalbar). Kemudian ada Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Utara (Kalut), Kalimantan Timur (Kaltim, Sulawesi Selatan (Sulsel), Gorontalo, Papua Barat, dan Sulawesi Tengah (Sulteng," paparnya.

Sementara itu, dengan banyaknya Provinsi yang belum siap menyelenggarakan PTM, Jumeri menegaskan bahwa bukan berarti pemerintah kemudian akan mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB).

Empat Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19.

"Karena isi SKB itu kan sudah benar. Artinya, pemerintah daerah yang kemudian mengambil keputusan apakah mengijinkan satuan pendidikan atau tidak. Sehingga, SKB tidak akan dicabut," pungkasnya. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga