adplus-dvertising

Sultra Waspada Cuaca Ekstrem 7 Hari ke Depan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
1133 dilihat
Sultra Waspada Cuaca Ekstrem 7 Hari ke Depan
Kondisi langit di Kabupaten Konawe Selatan saat siang hari. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Sultra "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Cuaca ekstrem selama tujuh hari ke depan bakal melanda Sulawesi Tenggara. Analisis dinamika atmosfer terkini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Sultra.

Kepala Stasiun Meteorologi  Maritim Klas II Kendari Sugeng Widarko, S.Si. menuturkan, kondisi itu dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer. Di mana, massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Sulawesi Tenggara sampai lapisan 700 mb mencapai 70 - 90%, index labilitas  ringan sampai sedang dan pola konvektif skala lokal di wilayah Sulawesi Tenggara, beserta hangatnya Suhu Muka Laut dan anomali Suhu Muka Laut Positif di wilayah sekitar Sulawesi Tenggara.

Juga pantauan pergerakan angin atau streamline-nya terpantau pergerakan angin dari Barat Daya hingga Barat Laut memasuki Perairan Banggai hingga Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara dengan kecepatan hingga 20 Knot.


“Dengan kondisi tersebut, kami memperkirakan dalam tujuh hari ke depan potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," jelasnya.

Olehnya itu, ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Terkhusus akan dampak dari curah hujan tinggi. Karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem di Sultra

“Masyarakat agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik,“ ujarnya.

Sementara itu, pantauan kondisi di Kabupaten Konawe Selatan, sudah tiga hari ini curah hujan disertai angin dan petir telah mengguyur langit Kabupaten Konawe Selatan. Terutama ketika hari menjelang siang dan sore hari. Kondisi itu tentu saja mengkhawatirkan sejumlah warga.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem hingga 22 Januari di 27 Provinsi Ini, Sultra Salah Satunya

“Ngeri-ngeri juga kita liat ini cuaca," tutur Iqbal, seorang warga yang bertugas sebagai ASN di Konsel.

Hal sama diutarakan, Indriani, ibu rumah tangga asal Kota Kendari, menyikapi cuaca beberapa hari ini yang menghiasai langit Ibu Kota Kendari.

“Mau tak mau kita harus waspada, utamanya saat kilat menyambar. Anak-anak pada ketakutan,“ tuturnya.  (A)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga