Sungai Deli Bisa Jadi Destinasi Wisata Seperti di Korea dan China

Ones Lawolo, telisik indonesia
Kamis, 12 November 2020
0 dilihat
Sungai Deli Bisa Jadi Destinasi Wisata Seperti di Korea dan China
Anggota DPRD Sumut, Rudi Hermanto. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Saya inginkan sepanjang Sungai Deli itu dijadikan tempat wisata seperti di Korea dan di China. Saya lihat Sungai Deli itu bagus penataannya dan bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata di Kota Medan. "

MEDAN, TELISIK.ID - Anggota DPRD Sumatera Utara, Rudi Hermanto ingin Sungai Deli di Kota Medan ditata menjadi tempat wisata seperti di Korea.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Medan agar segera membangun lokasi pengembangan dan penataan wisata sepanjang Sungai Deli.

Hal ini diungkapkan Rudi Hermanto kepada Telisik.id di ruangan kerjanya, Rabu (11/11/2020).

"Saya inginkan sepanjang Sungai Deli itu dijadikan tempat wisata seperti di Korea dan di China. Saya lihat Sungai Deli itu bagus penataannya dan bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata di Kota Medan," ujarnya.

Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini sangat mendukung pengembangan dan penataan Sungai Deli menjadi tempat wisata, asalkan tidak merugikan masyarakat.

Menurutnya, pengembangan dan penataan Sungai Deli bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Medan, maupun masyarakat dari luar Kota Medan.

Baca juga: Water Front City Ditarget Rampung Desember

"Kita dukung langkah Pemerintah Kota Medan dalam upaya pengembangan dan penataan Sungai Deli menjadi destinasi wisata di Kota Medan. Tapi langkah itu jangan sampai merugikan masyarakat," tuturnya.

Rudi bercerita, keinginannya itu didasari pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja di Korea dan di China. Dia melihat, pinggir sungai di dua negara itu dijadikan tempat wisata yang banyak dikunjungi orang.

Sisi positifnya, masyarakat dapat berjualan di tempat tersebut, sehingga bisa menambah pendapatan. Begitu juga bagi Pemerintah Kota Medan, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Di Korea dan di China saya lihat, pinggir sungainya dijadikan tempat wisata dengan membuat kios-kios berjualan dan tempat rekreasi bagi wisatawan," ujarnya.

Medan bisa meniru itu karena memiliki Sungai Deli, ruang terbuka yang enak buat santai bagi masyarakat Kota Medan dan sekitarnya. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga