Sungai Lampaku Meluap, Puluhan Rumah Warga Kebanjiran

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Sungai Lampaku Meluap, Puluhan Rumah Warga Kebanjiran
Ruang belajar SD Negeri 10 Wumbuburo, Kecamatan Kabaena Timur yang digenangi air. Foto: Ist.

" Sungai Lampaku yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana, meluap hingga menggenangi puluhan rumah warga "

BOMBANA, TELISIK.ID - Sungai Lampaku yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana, meluap hingga menggenangi puluhan rumah warga.

Kepala Desa Wumbuburo, Kecamatan Kabaena Timur, Bombana, Yusri Adi Putra kepada Telisik.id Jumat (5/5/2023) malam menerangkan, sekitar 20 rumah warga terdampak akibat meluapnya Sungai Lampaku dan ditambah lagi drainase yang tersumbat oleh sampah dan sisa-sisa kotoran yang terbawa hanyut oleh arus air.

Selain rumah warga, sekolah juga ikut terdampak. Ruang belajar SD Negeri 10 Wumbubura digenangi air hingga siswa diliburkan.

Baca Juga: Muna Bakal All Out di Kegiatan HUT Sulawesi Tenggara

"Penyebabnya curah air hujan tinggi, Sungai Lampaku meluap dan drainase banyak tersumbat dan jebol. Dampaknya 20 rumah terendam dan ruang belajar SD 10 Wumbuburo," ucap Yusri Adi Putra.

Atas kejadian ini, Yusri berharap masyarakat yang menjadi korban mendapat perhatian. Masyarakat juga diminta untuk memperhatikan dan peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga: Polisi belum Tetapkan Tersangka Bos PT Almira Nusa Raya, Kapolda: Tuntaskan

Kepala BPBD Bombana, Hasdin Ratta saat dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini penanganan bencana tengah fokus lakukan tanggap darurat di tiga titik yakni Desa Poleondro, Desa Laea dan Kelurahan Kastarib.

"Sudah disarankan oleh Kabid Darlog untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat (kades/lurah dan camat) untuk membuat laporan tertulis dan ditujukan kepada bupati melalui Kepala Pelaksana BPBD, nanti akan kami pelajari. Kami masih fokus penanganan tanggap darurat pada 3 desa kelurahan yakni Desa Poleondro, Desa Laea dan Kelurahan Kastarib," singkatnya.(B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga