Sunnah Nabi, Tidur Miring ke Kanan Penuh Manfaat

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 September 2022
0 dilihat
Sunnah Nabi, Tidur Miring ke Kanan Penuh Manfaat
Tidur miring ke kanan yang menjadi sunnah Nabi ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro Voa-islam.com

" Saat tidur posisi miring ke kanan, kinerja jantung dan tekanan darah akan lebih baik sehingga posisi ini disarankan untuk orang dengan masalah gagal jantung "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW saat tidur adalah miring ke kanan. Ternyata anjuran ini punya banyak manfaat.

Dikutip dari bobo.grid.id, posisi tidur miring ke kanan bisa memberikan dampak pada kinerja sistem saraf yang berpengaruh pada detak jantung dan tekanan darah.

Saat tidur posisi miring ke kanan, kinerja jantung dan tekanan darah akan lebih baik sehingga posisi ini disarankan untuk orang dengan masalah gagal jantung.

Melansir Republika.co.id, Rasulullah SAW diketahui kerap tidur menghadap ke kanan. Dalam hal ini, ternyata terdapat hikmah kesehatan yang dapat disimak dari posisi tidur miring ke kanan.

Rasulullah SAW bersabda, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Al-Bukhari No 247 dan Muslim No 2710).    

Baca Juga: Kenali Penyebab Serta Pilihan Makanan yang Tepat Bagi Rematik Asam Urat

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku "Sehat dengan Ibadah" menjelaskan, pada dasarnya tidur dengan berbaring ke sebelah kanan berpotensi membantu melancarkan peredaran darah dari sel bagian kiri jantung yang terletak di bagian atas ke seluruh tubuh, kecuali pembuluh aorta. 

Dalam posisi ini, seluruh anggota tubuh selain tangan kanan berada sejajar dengan hati dan di bawahnya. Karenanya, darah dapat mengalir ke bagian-bagian tubuh tersebut dengan mudah sesuai dengan hukum gravitasi.  

Melansir liputan6.com dari berbagai sumber, berikut manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan:

- Mengurangi beban jantung dan menjaga kesehatan paru-paru

Baca Juga: 7 Gejala Diabetes yang Wajib Diwaspadai, Segera Cek

- Mengistirahatkan otak kiri, kaki kiri, dan lambung

- Menyerap nutrisi dan merangsang buang air besar

Nah, itulah beberapa manfaat ketika kita tidur miring ke kanan. Jadi, sangat baik untuk dibiasakan setiap hendak tidur. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga