Surat Pengunduran Diri Bacaleg PDIP Menyebar, Belakangan Malah Ditarik

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Surat Pengunduran Diri Bacaleg PDIP Menyebar, Belakangan Malah Ditarik
Djumiran Abdi menulis surat pengunduran diri sebagai bacaleg dan surat itu sudah ditariknya kembali. Foto: Repro Facebook Djumiran Abdi

" Djumiran Abdi, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Bidang Kehormatan memilih mundur karena tidak ada dukungan dari lingkungan "

MEDAN, TELISIK.ID - Djumiran Abdi, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, disebut sebut mengundurkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI periode 2024-2029, dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 1.

Pengunduran Djumiran Abdi viral di media sosial WhatsApp yang diterima oleh Telisik.id. Dalam surat itu, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Bidang Kehormatan memilih mundur karena tidak ada dukungan dari lingkungan.

"Menyatakan mundur dari bakal calon legislatif DPR RI untuk Sumut 1 dengan nomor urut 8 dengan alasan kondisi lingkungan tidak mendukung," ucap Djumiran Abdi seperti dikutip dari surat yang diterima awak media, Senin (22/5/2023).

Namun anehnya, Djumiran Abdi dalam surat itu menunjuk nama Brilian Moktar untuk menggantinya sebagai bacaleg.

"Untuk itu sebagai penggantinya, saya mohon kepada DPP mempertimbangkan Brilian Moktar, Wakil Ketua Bidang UMKM," berikut isi surat Djumiran Abdi.

Baca Juga: Aleg Nasdem Kabupaten Muna Barat Loncat di Dapil 1 Muna

Dalam surat itu juga ada tandatangan Djumiran Abdi selaku yang membuat surat pernyataan dan ditempelkan materai Rp 10.000 serta ditandatangani oleh Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon. Surat peryataan itu tertuliskan tertanggal 14 Mei 2023.

Ketua DPD PDIP Sumatera Utara, Rapidin Simbolon ketika dikonfirmasi terkait surat itu mengatakan bahwa itu pribadi dari Djumiran Abdi.

"Itu pribadi Pak Djumiran Abdi. Tolonglah jangan disebarkan surat itu," ungkapnya.

Terpisah, Djumiran Abdi ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan bahwa surat itu sudah ditariknya. Dia bertekad tetap maju menjadi bacaleg untuk DPR RI Dapil Sumut 1.

Baca Juga: PDIP Panggil Gibran Usai Relawannya Dukung Prabowo, Banteng Ketar-Ketir

"Sudah saya tarik surat itu kemarin, jadi saya tetap maju sebagai bacaleg dari PDIP untuk DPR RI Dapil Sumut 1. Mohon doanya," ungkapnya.

Ketika ditanya mengapa menulis surat pengunduran diri, apakah ada intervensi dari partai, Djumiran Abdi meminta agar tidak ditanyakan lagi.

"Sudahlah, jangan ditanyakan lagi apa sebabnya. Yang jelas surat itu sudah saya tarik dan saya tetap maju sebagai bacaleg," tegasnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga