Suriati Jemaah Haji Dikejar Pajak Usai Pamer Emas, Pabrik Uangnya Terbongkar, Sosoknya Begini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 09 Juli 2023
0 dilihat
Suriati Jemaah Haji Dikejar Pajak Usai Pamer Emas, Pabrik Uangnya Terbongkar, Sosoknya Begini
Suarnati Dg Kanang (46), jemaah haji asal Makassar Sulawesi Selatan berbuntut panjang. Mereka dipastikan akan diminta untuk membayar pajak impor dari perhiasan tersebut. Foto: Tribunnews

" Suarnati Dg Kanang (46), jemaah haji asal Makassar Sulawesi Selatan berbuntut panjang. Mereka dipastikan akan diminta untuk membayar pajak impor dari perhiasan tersebut "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Suarnati Dg Kanang (46), jemaah haji asal Makassar Sulawesi Selatan berbuntut panjang. Mereka dipastikan akan diminta untuk membayar pajak impor dari perhiasan tersebut.

Perhiasaan tersebut diduga dibeli dari Tanah Suci. Berikutnya, kedua jemaah tersebut membawanya pulang ke Indonesia selepas melakukan ibadah haji.

"Tentu kita kenakan dia masuk dalam pajak rangka impor terhadap perhiasan yang dibeli dan dikenakan," ungkap Kepala Bea Cukai Makassar Zaeni Rahman dilansir dari detik.com.

Dia menambahkan pengenaan pajak impor itu tak akan berlaku selama perhiasan memang dibawah dari Indonesia atau sebelum berangkat haji.

Baca Juga: Suarnati Pamer Emas 180 Gram Usai Pulang Haji Ternyata Punya Kerjaan Ini di Makassar, Pantas Kaya

"Kalau keterangannya beliau (jemaah haji) berangkatnya sudah membawa itu (emas), tentu tidak kita kenakan dia masuk pajak dalam rangka impornya," jelas Zaeni.

Jemaah haji dibolehkan membeli dan membawa pulang barang bawaan dari luar negeri. Asalkan, Zaeni mengatakan barang-barang tersebut tidak lebih mahal dari US$500 atau sekitar Rp 7,5 jutaan.

"Barang bawaan penumpang batasan nilai USD 500. Semua barang bawaan penumpang dari luar negeri, termasuk perhiasan emas," jelas Zaeni.

Ternyata sosoknya memang memiliki beberapa bisnis dan usaha yang jadi sumber pemasukan. Pertama, ia memiliki toko bahan campuran yang terletak di depan rumahnya.

Kemudian ia juga memiliki usaha burger yang diberi nama Hilda Burger. Ketiga, dan mungkin yang paling besar, adalah usaha kos-kosan yang dimilikinya. Ia juga memiliki rumah yang dikontrakkan di area Jembatan Merah Jalan Cenderawasih, Kota Makassar.

Jadi tak heran jika ia bisa memborong emas sepulang dari ibadah yang dilakukan bukan?

Melansir Suara.com jaringan Telisik.id, sosok Suarnati Daeng Kanang juga dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan dan suka berbagi. Diungkapkan oleh orang-orang di sekitar rumahnya, bahwa Suarnati selalu berpartisipasi setiap ada kegiatan dan memberikan sumbangan saat masyarakat mengadakan acara.

Baca Juga: Mira Hayati Borong Emas Seberat 1 Kg saat Naik Haji dengan Harga Segini Buat Dibagi-bagi

Di momen hari raya, ia juga sering berbagi kepada masyarakat sekitar untuk turut memberikan kebahagiaan dan rejeki yang didapatkannya. Dikenal memiliki hubungan baik dengan masyarakat di lingkungannya, namanya memang cukup harum di area tersebut

Dari 180 gram emas yang dimilikinya ini, tidak semua dibeli di tanah suci. Ia mengaku, sudah membeli emas sejak sebelum berangkat dengan jumlah 80 gram. Kemudian di Tanah Suci ia kembali membeli lagi sejumlah 100 gram sehingga totalnya 180 gram.

Emas ini dibeli dalam rangka memenuhi nazar yang dimilikinya. Ada kepuasan tersendiri yang didapatkan ketika ia membeli emas di Tanah Suci, dan ia mengaku lebih berkharisma ketika memakai emas dari tanah suci ini. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga