adplus-dvertising

Surplus Beras, Konawe Kirim 500 Ton Beras ke Baubau

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 19 Mei 2020
1012 dilihat
Surplus Beras, Konawe Kirim 500 Ton Beras ke Baubau
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa saat melepas truk pengangkut beras yang berangkat ke Baubau. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Mudah-mudahan selamat sampai tujuan. Sehingga, beras yang kita kirim ini dapat dinikmati masyarakat di Kepulauan Buton. "

KONAWE, TELISIK.ID - Enam truk yang mengangkut beras dilepas Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Konawe, Selasa (19/05/2020).

Truk tersebut bakal menuju wilayah kepulauan Buton. Kendaraan itu mengangkut sebanyak 500 ton beras Konawe untuk membantu mencukupi kebutuhan pokok masyarakat setempat di tengah pandemi COVID-19.

Bupati mengatakan, penyaluran beras ke wilayah kepulauan itu dimaksudkan untuk mendukung stok beras Sultra terkait ketahanan pangan menghadapi pandemi.


Ia menjelaskan, beras yang dikirim itu merupakan hasil pengadaan petani Konawe yang disimpan di gudang Bulog yang beralamat di Kelurahan Tuoy Kecamatan Unaaha.

Baca juga: Baru Bebas, Habib Bahar Kembali Ditahan

"Mudah-mudahan selamat sampai tujuan. Sehingga, beras yang kita kirim ini dapat dinikmati masyarakat di Kepulauan Buton," ungkap Kery.

Kery menambahkan, luas lahan persawahan di Konawe saat ini mencapai 42.500 ha. Dari jumlah itu, katanya, setengah dari luas lahan persawahan tersebut sudah dipanen oleh para petani. Atas dasar itu lah pihaknya berani menjamin Konawe siap untuk terus memenuhi kebutuhan pangan.

Kery memotivasi dinas terkait untuk meningkatkan produktivitas petani agar panen nantinya bisa naik hingga 7 ton beras per hektar. Seandainya hasil panen mencapai 7 ton per hektar, perputaran uang yang dihasilkan para petani di Konawe bisa mencapai Rp 720 miliar.

Baca juga: Pengurus KKST Kolut Salurkan Kebutuhan Pokok untuk Warga

"Sepintas, saya lihat ada uang sekitar Rp 700 miliar yang berputar di masyarakat petani saat panen April lalu. Belum di bulan Mei ini. Bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kabupaten Konawe," ucap Kery Saiful Konggoasa.

Dengan pencapaian yang ada saat ini, Kery tak lupa mengapresiasi petani Konawe yang gigih dalam bekerja. Ia meminta petani di otoritanya harus terus meningkatkan produktivitas serta menghasilkan gabah maupun beras yang berkualitas.

"Predikat lumbung beras bisa terus kita pertahankan. Insya Allah setelah di Kepulauan Buton, kita akan kembali menyalurkan beras untuk warga di Kabupaten Muna," tutupnya.

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga