adplus-dvertising

Surstromming, Makanan Paling Busuk di Dunia tapi Favorit di Negara Ini

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 01 Juni 2022
829 dilihat
Surstromming, Makanan Paling Busuk di Dunia tapi Favorit di Negara Ini
Ikan paling bau di dunia ini jadi favorit masyarakat Swedia. Foto Repro okezone.com

" Surstromming atau ikan herring asam memiliki bau busuk yang tajam dan menyengat. Layaknya durian, para penggemar herring asam cenderung menyukai bau hidangan ini "

SWEDIA, TELISIK.ID - Umumnya makanan yang berbau harum akan mengundang nafsu makan kita, sebaliknya makanan yang berbau busuk akan dihindari oleh sebagian orang.

Namun, berbeda halnya dengan masyarakat di Swedia. Ada sebuah makanan yang merupakan salah satu favorit masyarakat disana, yang dikenal dengan nama Surstromming.

Sebagaimana dilansir dari kumparan.com, Surstromming atau ikan herring asam memiliki bau busuk yang tajam dan menyengat. Layaknya durian, para penggemar herring asam cenderung menyukai bau hidangan ini. Sementara para turis atau pendatang baru akan terkejut menciumnya.


Karena keunikannya, hidangan ini menjadi cukup populer, apalagi di kalangan pecinta makanan ekstrem. Tetapi bagi orang-orang Swedia sendiri, mengonsumsi hidangan ini bukanlah sebuah ‘tantangan’ tetapi memang karena mereka menikmati rasa khas makanan tersebut.

Menurut seseorang yang bekerja di pabrik Surstromming, Fredrick mengatakan, makanan tersebut berasal dari ratusan tahun yang lalu dan dimakan saat tidak ada lagi yang bisa dimakan.

Frederick menggambarkan aroma bau busuk yang sangat menyengat akan menguat saat tutup kaleng dibuka.

Bahkan ada YouTuber yang pernah melakukan tantangan menyantap ikan kaleng paling bau ini, namun mereka memuntahkannya.

Selain itu ada yang mengatakan baunya mirip kaus kaki kotor yang disimpan berbulan-bulan hingga mirip telur busuk.

Baca Juga: 5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Jangan Berenang di Sini

Dikutip dari okezone.com, Surstromming sendiri terbuat dari ikan haring Baltik terkecil yang biasanya ditangkap di musim semi. Seperti yang baru saja Anda pelajari, itu berfermentasi secara alami.

Satu-satunya bahan yang ditambahkan ke hidangan ini sebelum fermentasi adalah garam. Proses fermentasi ikan dipandu oleh enzim asam laktat yang ada di tulang belakang ikan haring.

Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk Surstromming untuk fermentasi sepenuhnya. Kemudian, dimasukkan ke dalam kaleng dan, dalam bentuk seperti itu, tersedia di toko-toko.

Baca Juga: Longplayer, Lagu Terpanjang di Dunia Berdurasi 1000 Tahun

Sayangnya, cara tradisional menyiapkan Surstromming hanya membuat ikan berbau asam yang datang secara alami selama proses fermentasi dengan hidrogen sulfida. Campuran ini terlalu banyak tidak hanya untuk sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Swedia tetapi juga bagi banyak orang Swedia. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga