Survei Fixpoll: RAPI Unggul Dibanding Petahana TERBAIK

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 02 Desember 2020
0 dilihat
Survei Fixpoll: RAPI Unggul Dibanding Petahana TERBAIK
Hasil survei nampak elektabilitas pasangan Rajiun-La Pili lebih tinggi. Foto: Kardin/Telisik

" Itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan masyarakat Muna yang begitu rendah terhadap kepemimpinan Rusman Emba selama lima tahun terakhir. "

KENDARI, TELISIK.ID - Lembaga survei Fixpoll Research and Strategic Consulting merilis hasil survainya terhadap persaingan pasangan calon (Paslon) pada Pilkada Muna.

Berdasarkan hasil surveinya, pasangan Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) lebih unggul dibanding Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK).

Survei sendiri dilakukan pada 17-24 November 2020, dengan jumlah 840 responden menggunakan metode multi stage random sampling. Margin of eror sebanyak 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Fixpoll, Moh Anas RA menuturkan, dalam survei Fixpoll ini pasangan TERBAIK memperoleh 37,4 persen. Sementara pasangan RAPI memperoleh 46,9 persen. Sedangkan warga yang tidak menjawab 15,7 persen.

"Artinya ada selisih sembilan persen. Kalau melihat angka itu dengan waktu 15 hari sejak survei, maka otomatis LM Rajiun Tumada-La Pili adalah kandidat paling kuat memenangkan pertarungan Pilkada di Muna," terangnya, Rabu (2/12/2020).

Kemudian, kata dia, strong voter pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili juga terbilang tinggi, yakni 39,7 persen. Sementara Rusman-Bachrun hanya 28,5 persen.

"Artinya selisih 11 persen strong voter. Melihat peta elektoral kita potret, Paslon nomor dua sangat punya kans memenangkan pertarungan pilkada," bebernya.

Baca juga: Paslon SUARA Siapkan 1.946 Saksi Kawal Hari Pencoblosan Pilkada

Anas menuturkan, salah satu faktor yang menyebabkan Rajiun lebih unggul daripada Rusman adalah sekitar 62 persen warga inginkan pergantian bupati. Sementara 38 persen inginkan petahana kembali melanjutkan kepemimpinan di Muna.

"Itu tidak terlepas dari tingkat kepuasan masyarakat Muna yang begitu rendah terhadap kepemimpinan Rusman Emba selama lima tahun terakhir," jelasnya.

Ia juga menyebut, hasil debat beberapa waktu lalu juga turut berpengaruh terhadap tingginya keterpilihan Rajiun-La Pili.

Menurutnya, masyarakat menganggap program yang ditawarkan Rajiun jauh lebih baik dibanding pasangan Rusman-Bachrun.

"Inilah yang mempengaruhi kenapa pasangan nomor dua lebih unggul dari nomor satu," paparnya.

Untuk diketahui, Fixpoll Research and Strategic Consulting merupakan lembaga survei tingkat nasional yang telah terverifikasi di KPU RI. (B)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga