Survei SMRC Menangkan AJP di Simulasi Kandidat Wali Kota Kendari

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 06 Agustus 2024
0 dilihat
Survei SMRC Menangkan AJP di Simulasi Kandidat Wali Kota Kendari
Hasil survei SMRC, AJP ungguli kandidat calon Wali Kota Kendari lainnya. Foto: Ist

" Nama Aksan Jaya Putra (AJP) sebagai salah satu kandidat potensial dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, unggul dalam pemilihan berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) "

KENDARI, TELISIK.ID – Nama Aksan Jaya Putra (AJP) sebagai salah satu kandidat potensial dalam kontestasi pemilihan Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, unggul dalam pemilihan berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC).

Hasil survei SMRC menunjukkan AJP unggul dari para pesaingnya berdasarkan simulasi yang dilakukan dengan empat nama hingga secara head to head.

Survei SMRC dilaksanakan pada 17-24 Juli 2024 lalu dengan 410 responden dan margin of error kurang lebih 5 persen.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Kembali Usulkan Andap Budhi Revianto, Asrun Lio dan Muhammad Zamrun sebagai Pj Gubernur

Simulasi empat nama AJP memperoleh 33,9 persen, disusul Siska Karina Imran (SKI) 26,6 persen, Sitya Giona Nur Alam 19,4 persen, dan Yudhianto Mahardika 4,5 persen.

Keunggulan AJP juga terjadi pada simulasi tiga nama dengan kompetitor SKI dan Sitya Giona. Pada simulasi ini elektabilitas AJP naik menjadi 35,4 persen, disusul SKI 28,2 persen, dan Sitya Giona 20,9 persen.

Baca Juga: DPW PKB Sulawesi Tenggara Laporkan Lukman Edy Dugaan Pencemaran Nama Baik

Secara head to head yakni pertarungan hanya berhadapan dengan SKI, AJP juga unggul dengan raihan 42,6 persen, mengungguli SKI yang cuma 33,6 persen. Sementara responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 23,8 persen.

Sebaliknya jika head to head dengan Sitya Giona, AJP unggul telak dengan meraih 46,8 persen atau selisih 18,7 persen dari Sitya Giona yang memperoleh 28,1 persen. Sementara pada tahap simulasi ini responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 25,2 persen.

Hasil survei SMRC ini sudah tersebar di sejumlah grup-grup Whatsapp dan di media sosial lainnya. Salah satunya adalah di story Instagram Gerakan Peduli Kendari @gerakanpedulikendari, Selasa (6/8/24). (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga