Swedia Legalkan Sarcopod, Dipakai Jika Ingin Bertemu Tuhan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Swedia Legalkan Sarcopod, Dipakai Jika Ingin Bertemu Tuhan
Sarco Suicide Pods merupakan mesin bunuh diri yang diciptakan dunia medis, orang yang berniat bunuh diri dan ingin menggunakan mesin ini harus menjawab survei daring terlebih dahulu demi memenuhi syarat. Foto: Magelangnews.com

" Ilmu sains dan teknologi mengalami kemajuan yang pesat hingga membuka sejarah baru di dunia teknologi, salah satu kecanggihan teknologi yang diciptakan manusia salah satunya dalam bidang medis "

STOCKHOLM, TELISIK.ID - Ilmu sains dan teknologi mengalami kemajuan yang pesat hingga membuka sejarah baru di dunia teknologi, salah satu kecanggihan teknologi yang diciptakan manusia salah satunya dalam bidang medis.

Dewan peninjau medis negara tersebut mengizinkan penggunaan mesin yang disebut Sarco Suicide Pod. Mesin tersebut merupakan kapsul berbentuk seperti peti mati portabel yang dicetak tiga dimensi.

Kapsul itu juga memiliki jendela sehingga orang yang berada di dalamnya dapat melihat tempat-tempat yang dia ingingkan di saat-saat terakhir kehidupannya. Metode bunuh diri dengan bantuan yang lebih konvensional biasanya melibatkan zat kimia.

Sementara itu, Philip Nitschke, direktur Exit International organisasi nirlaba yang mengembangkan Sarco Suicide Pod, mengatakan kepada situs web SwissInfo.ch bahwa mesin kematian buatannya itu menawarkan pendekatan yang berbeda.

Baca Juga: Swedia Luncurkan Insinerasi Kloset, Toilet Api Pembakar Tinja

"Kami ingin menghapus segala jenis ulasan psikiatris dari proses (bunuh diri) dan memungkinkan individu untuk mengontrol metode dan caranya sendiri," kata Nitschke, dikutip dari Cnnindonesia.com.

Adanya fenomena ini memunculkan staitment baru atau tuntutan untuk mengakhiri penderitaan dengan cara euthanasia. Euthanasia merupakan bahasa Yunani, yang terdiri dari Eu yaitu baik serta Thanatos yang artinya mati.

Menurut pendapat Djoko Prakoso euthanasia diartikan sebagai “mati dengan tenang” atau “a good death”. Jika diartikan secara singkat, euthanasia merupakan kematian yang mudah tanpa penderitaan.

Pada 2022 silam alat yang diberi nama Sarco Suicide Pods sudah mulai beroperasi. Mesin ini menyerupai kapsul berbentuk seperti peti mati portabel yang dilengkapi berbagai fitur tambahan seperti kamera sebagai perekaman persetujuan dan jendela agar pengguna bisa melihat tempat yang diinginkan di akhir hayatnya.

Melansir Magelangnews.com, cara kerja Sarco Suicide Pods yaitu ketika tombol sudah diaktifkan maka ruangan di dalam kapsul akan mengandung banyak nitrogen sehingga akan mengurangi jumlah oksigen. Frekuensi berkurannya oksigen mencapai satu persen dalam 30 detik.

Penggunaan alat ini tidak akan menyebabkan rasa tercekik atau sakit yang berarti, hanya saja akan merasa sedikit pusing hingga akhirnya tidak sadarkan diri.

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Deretan Negara Ini Rayakan Pemilu Akbar 2024

Namun, rupanya tak semua orang dapat menggunakan mesin ini. Orang-orang yang berniat bunuh diri dan ingin menggunakan mesin ini harus menjawab survei daring terlebih dahulu demi memenuhi syarat.

Survei tersebut dimaksudkan untuk membuktikan apakah mereka membuat keputusan atas kemauan mereka sendiri. Dan Jika mereka lulus, mereka akan diberitahu lokasi pod dan diberi kode akses.

Lebih lanjut, begitu berada di dalam pod, orang yang berniat mengakhiri hidupnya harus menjawab pertanyaan yang sudah direkam sebelumnya dan menekan tombol yang akan memulai proses memasukkan nitrogen ke bagian dalam pod, yang akan dengan cepat mengurangi tingkat oksigen di dalam dari 21 persen menjadi 1 persen.

"Orang itu akan masuk ke dalam kapsul dan berbaring. sangat nyaman," papar Nitschke. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga