adplus-dvertising

Tablig Akbar UAS Dihadiri Ribuan Orang, Masjid Al-Kautsar Dipadati Jemaah Sejak Subuh

Aris Mantobua, telisik indonesia
Senin, 27 Juni 2022
640 dilihat
Tablig Akbar UAS Dihadiri Ribuan Orang, Masjid Al-Kautsar Dipadati Jemaah Sejak Subuh
Nampak ribuan jemaah mengahadiri tablig akbar Ustaz Abdul Somad di Masjid Al-Kautsar Kota Kendari. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Saat UAS memasuki Masjid Al-Kautsar sekitar pukul 09.00 Wita, tepuk tangan dan takbir spontan menggema "

KENDARI, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat Kota Kendari memadati masjid Al-Kautsar dalam rangka mengikuti tablig akbar Ustaz Abdul Somad, Senin (27/06/2022) pagi.

Tablig akbar bertajuk "kebersamaan dalam bingkai iman dan takwa" ini dihadiri ribuan jemaah yang tidak hanya berasal dari Kota Kendari, tetapi juga dari Kabupaten Muna, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, sampai Konawe Utara.

Dari pantauan Telisik.id, jemaah nampak mulai memadati Masjid Al-Kautsar setelah salat subuh. Mereka rela menunggu berjam-jam demi bisa menyaksikan ustaz yang lebih dikenal dengan sebutan UAS dari dekat.


Saat UAS memasuki Masjid Al-Kautsar sekitar pukul 09.00 Wita, tepuk tangan dan takbir spontan menggema. Ustaz Abdul Somad memulai tablig sekitar pukul 09.30 sampai pukul 10.40 Wita.

Selama Ustaz Abdul Somad menyampaikan tablig, nampak jemaah terus tertawa, karena UAS menyampaikan ceramah dengan gaya khasnya yang penuh dengan candaan.

Dalam tausiahnya, Ustaz Abdul  Somad menyampaikan, bahwa seluruh umat manusia harus mengagungkan yang Maha Kuasa Allah SWT. Dalam setiap kewajiban harus dilakukan, begitu pula sunah yang diajarkan oleh Rasul Nabi Muhammad SAW.

Seperti halnya dengan salat dan kurban yang tertulis pada ayat suci Al-Qur'an surah Al-Kautsar. Dalam surah tersebut Allah SWT  berfirman "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)".

Baca Juga: Tablig Akbar UAS Dihadiri Ratusan Jemaah, Sebagian Datang dari Luar Kendari

Dari firman tersebut kita sebagai hamba harus melaksanakan kewajiban seperti salat wajib, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tidak hanya salat wajib tetapi juga salat sunah. Kita juga dianjurkan untuk berkurban sekali dalam setahun.

"Kita sebagai hamba harus salat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jika kita mampu berkurban, maka berkurbanlah," ujar UAS.

Salah satu jemaah, Muh Yamin mengatakan, dirinya datang di Masjid Al-Kautsar sebelum salat subuh. Ia mengaku sangat mengidolakan Ustaz Abdul Somad.

"Saya sengaja datang sebelum salat subuh agar bisa melihat beliau dari dekat. Setelah salat subuh karena belum ada beliau, saya balik kembali ke rumah untuk sarapan. Pas saya kembali sudah banyak sekali orang. Walau begitu, tidak mengapa karena biar dari kejauhan saya tetap bisa lihat Ustaz Abdul Somad dan cerahmahnya juga bisa membuat saya tertawa," ungkapnya.

Baca Juga: Bank Sultra Bagikan Dividen pada 18 Pemegang Saham, Total hingga Ratusan Miliar

Jemaah lain dari Majelis Taklim Kecamatan Kadia, Kota Kendari, mengaku mengetahui informasi kedatangan Ustad Abdul Somad dari jauh hari. Dia sangat antusias mengikuti tablig akbar, mengingat UAS adalah ustaz kondang idolanya sekaligus ulama besar Indonesia.

"Saya dengar informasinya bahkan sejak bulan yang lalu dari ketua majelis taklim, bahwa Ustaz Abdul Somad akan datang di Kota Kendari. Beliau saya tidak pernah lihat secara langsung hanya dari media sosial. Setiap saya nonton ceramahnya di media sosial pasti akan tertawa, sehingga membuat saya sangat antusias dalam takblig akbar kali ini," ungkapnya. (A)

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga