Tahan Imbang Yaman, Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia U-20 di China 2025

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 29 September 2024
0 dilihat
Tahan Imbang Yaman, Timnas Indonesia Melenggang ke Piala Asia U-20 di China 2025
Pemain Timnas Indonesia U-20 Jens Raven saat mencetak gol ke gawang timnas Yaman U-20 dimasa injury time babak pertama. Foto Repro Antara

" Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2025 di China setelah bermain imbang 1-1 melawan Yaman di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (29/9/2024) malam "

JAKARTA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2025 di China setelah bermain imbang 1-1 melawan Yaman di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Minggu (29/9/2024) malam.

Hasil ini membuat Indonesia keluar sebagai juara Grup F dan otomatis lolos langsung ke Piala Asia U-20 China, dengan perolehan poin dan selisih gol yang lebih baik dibandingkan tim lawan.

Pada pertandingan ini Timnas Indonesia U-20 berhasil menciptakan satu gol yang dibuat oleh Jens Raven pada menit ke-45+1, sedangkan gol balasan Yaman dibuat oleh Abdulrahman Al-Khadher pada menit ke-45+3.

Jalannya pertandingan

Yaman mengawali pertandingan dengan sangat menekan. Mereka langsung menerapkan pressing ketat dan permainan cepat yang membuat Timnas Indonesia U-20 kerepotan sejak awal babak pertama.

Pada menit ke-8, Dony Tri Pamungkas melakukan manuver yang apik sebelum mengirimkan umpan terukur ke dalam kotak penalti. Sayang, bola yang ditujukan kepada Muhammad Ragil berhasil dihalau oleh pemain belakang Yaman.

Baca Juga: PSSI Segera Naturalisasi Pemain Baru Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Pada menit ke-12, Anwar Hussein dari Yaman mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun, kiper Timnas U-20, Ikram Algiffari, dengan sigap berhasil menepis bola tersebut.

Indonesia mengancam gawang Yaman pada menit ke-18. Tendangan bebas kapten Timnas U-20, Dony Tri Pamungkas hampir saja membuahkan hasil, namun kiper Yaman berhasil menepis bola.

Dalam upaya merebut bola di wilayah lawan, Jens Raven melakukan pelanggaran yang berujung pada kartu kuning.

Tekanan yang diberikan Yaman membuat lini belakang Timnas U-20, Kadek Arel dkk harus bekerja ekstra keras untuk menghalau setiap serangan lawan dan menjaga agar bola tidak masuk ke kotak penalti.

Yaman kembali mengancam pada menit ke-32. Adel Abbas melepaskan tembakan namun bola masih terlalu lemah dan mudah bagi Ikram untuk menjinakkannya.

Yaman terus memberikan tekanan. Pada menit ke-34, mereka mencoba peruntungan dengan serangan cepat melalui sisi kiri, tetapi upaya Abdullah Khaled untuk mencetak gol masih belum tepat sasaran.

Yaman hampir saja unggul pada menit ke-45 melalui serangan balik cepat. Namun, tembakan first time Abbas dari sudut sempit masih melebar di sisi kiri gawang yang dijaga Ikram.

Pada masa injury time babak pertama, Indonesia berhasil memecah kebuntuan. Berawal dari umpan cerdik Muhammad Ragil, Jens Raven dengan tenang melepaskan tembakan ke sudut gawang dan mengubah skor menjadi 1-0.

Kelengahan pertahanan Indonesia di penghujung babak pertama membuat Yaman berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Abdulrahman Al-Khadher.

Memasuki babak kedua pelatih Indra Sjafri menyegarkan lini tengah dengan memasukkan Riski Afrisal, Arlyansyah, dan Sulthan Zaky. Ketiganya menggantikan Mufli Hidayat, Muhammad Ragil, serta Figo Dennis.

Adel Abbas kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-48. Abbas berhasil menembus kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri, namun bola masih melambung tinggi di atas mistar.

Intensitas pertandingan tidak menurun di babak kedua. Kedua tim terus berjuang keras dan terlibat dalam banyak duel sengit di lapangan.

Baca Juga: Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-20 Usai Timnas Indonesia Bantai Timor Leste

Timnas Indonesia U-20 mendapatkan peluang emas pada menit ke-69 melalui tendangan bebas Riski Afrisal. Sayangnya, bola hasil tendangannya masih melayang di atas mistar gawang Yaman.

Pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk menarik keluar Jens Raven dan menggantinya dengan Maouri Ananda pada menit ke-86.

Timnas Indonesia U-20 berhasil meraih hasil imbang 1-1 melawan Yaman pada akhir babak kedua. Meskipun demikian, Indonesia tetap memastikan diri lolos ke Piala Asia U-20 2025 sebagai juara grup berkat keunggulan selisih gol.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Yaman U-20:

Timnas Indonesia U-20: Ikram Algiffari; Muhammad Alfharezzi Buffon, Kadek Arel Priyatna, M Iqbal Gwijangge; Dony Tri Pamungkas, Mufli Hidayat, Toni Firmansyah, Figo Dennis Saputrananto, Aditya Warman; Muhamad Ragil, Jens Raven.

Yaman: Wadhah Anwar Ahmed; Mohammed Naji Al Qashmi, Haithm Faisal Al Salami, Saeed Abdullah Al Shaban, Ahmed Mustafa Al Hajj, Anwar Hussein Al Turaiqi, Mohammed Khaled Moqbel, Adel Abbas Qasem, Abdullah Khaled Haidan, Abdulaziz Awadh Masnom, Abdulrahman Al Khadher Abdulnabi. (B)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga