Tahapan Dilanjutkan 17 Juni, KPU Sultra Tunggu PKPU Pilkada

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 07 Juni 2020
0 dilihat
Tahapan Dilanjutkan 17 Juni, KPU Sultra Tunggu PKPU Pilkada
Komisioner KPU Sulawesi Tenggara, Iwan Rompo. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Dua tahapan ini dilakukan pada rentang bulan Juni sampai Juli 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU Provinsi Sulawesi Tenggara akan memulai lanjutan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 pada 17 Juni 2020.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Iwan Rompo, mengatakan, lanjutan tahapan pilkada 2020 dimulai dengan mengaktifkan kembali peran Panitia Pemilih Suara (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sebelumnya dinonaktifkan akibat pandemi COVID-19.

"Kemudian, dilanjutkan dengan verifikasi faktual persyaratan calon perseorangan yang telah dibuka sebelumnya. Untuk Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan yang ada calon perseorangannya, nanti tugas PPK yang akan memverifikasi," katanya.

Setelah tahapan verifikasi faktual calon perseorangan selesai, kata dia, akan dilanjutkan tahapan pemutakhiran data pemilih.

"Dua tahapan ini dilakukan pada rentang bulan Juni sampai Juli 2020," ujarnya kepada Telisik.id, Minggu (7/6/2020)

Baca juga: Semangat Hamemayu Hayuning Praja Hamemangun Raharjaning Kutha bagi Pemkot Yogyakarta

KPU juga akan melakukan pembahasan bersama Pemprov Sulawesi Tenggara mengenai perubahan aturan pelaksanaan pilkada pada masa pandemi COVID-19, di mana perubahan aturan tersebut juga secara langsung menggeser alokasi anggaran pelaksanaan pilkada yang telah ditetapkan.

"Pilkada akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, maka akan ada penambahan anggaran," ucap Iwan Rompo.

Ia mengatakan, tahapan dan pelaksanaan pemungutan suara pilkada 2020 pada 9 Desember akan berubah. Kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang seperti kampanye dan sosialisasi akan sangat dibatasi.

Saat ini pihaknya masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pilkada 2020 dan PKPU penyelenggaraan pilkada pada masa bencana nonalam yang saat ini sedang dibahas.

"Itulah yang masih sama-sama kita tunggu, bagaimana aturan penyelenggaraannya nanti," ucapnya.

Untuk diketahui, tahun ini ada tujuh daerah di Sultra yang dijadwalkan mencari pemimpinnya untuk periode berikut yakni Kabupaten Muna, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Buton Utara, Wakatobi, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga