Tahun 2020, Infrastruktur Pelayanan Kesehatan Dapat Perhatian Khusus

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 21 September 2020
0 dilihat
Tahun 2020, Infrastruktur Pelayanan Kesehatan Dapat Perhatian Khusus
Puskesmas modern di Kabaena. Foto: Hir/Telisik

" Tiga puskesmas modern kita bangun tahun anggaran sebelumnya di Kabaena, Kabaena Tengah dan Rarowatu Utara dan telah diresmikan oleh Bupati Bombana pada tanggal 8 September lalu. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Demi meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bombana memberikan perhatian khusus terhadap infrastruktur kesehatan.

Di antaranya adalah pembangunan Puskesmas modern di beberapa titik, yakni Puskesmas Kabaena, Puskesmas Kabaena Tengah dan Puskesmas Rarowatu Utara.

"Tiga puskesmas modern kita bangun tahun anggaran sebelumnya di Kabaena, Kabaena Tengah dan Rarowatu Utara dan telah diresmikan oleh Bupati Bombana pada tanggal 8 September lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, dr. Sunandar kepada Telisik.id Senin (21/9/2020).

Sementara itu, lanjut Sunandar, melalui Dana Alokasi Khusus Afirmasi tahun 2020, terdapat tiga program pengembangan dan rehabilitas yakni Puskesmas Kepulauan Masaloka Raya, Lombalasih Lantari Jaya, Kecamatan Poleang serta Puskesmas Matausu yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Baca juga: Beda Pilihan di Pilkada, Jangan Putuskan Silaturahmi

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan ini masih ditemukan kendala minimnya tenaga medis atau dokter umum.

"Kami masih terdapat satu Puskesmas yang tidak memiliki dokter yakni di Kecamatan Kabaena Selatan, jadi kami tutupi dengan pembagian jam dinas dokter umum dari Puskesmas Kabaena induk," tambahnya.

"Ke depan kami upayakan ketersediaan tenaga medis kita di 22 kecamatan terutama dokter," tutupnya.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga