adplus-dvertising

Tahun Depan, ASN Konsel Bakal Dapat Tambahan Penghasilan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 06 Desember 2021
1363 dilihat
Tahun Depan, ASN Konsel Bakal Dapat Tambahan Penghasilan
Wabup Konsel, Rasyid S.Sos, saat memeriksa barisan apel gabungan pagi ASN. Foto: dok. Diskominfo Konsel

" Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang kerap menjadi angan-angan bagi setiap ASN Konawe Selatan, bakal dibayarkan pada 2022 mendatang "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kabar gembira dihembuskan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Rasyid S.Sos bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

Pada tahun 2022 mendatang, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang kerap menjadi angan-angan bagi setiap ASN, bakal dibayarkan.

"TPP ASN bakal kita bayarkan tahun depan. Jadi harus lebih semangat dalam bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat, utamanya memperhatikan tingkat kedisiplinan termasuk hadir apel pagi setiap Senin," ucap Rasyid S.Sos saat memimpin apel pagi di halaman upacara Kantor Bupati, Senin (6/12/2021).


Olehnya itu, Wabup Rasyid meminta seluruh ASN untuk meningkatkan kinerja, jujur dan berintegritas dalam melaksanakan tugas, baik secara kualitas maupun kuantitas sesuai tanggung jawab yang diembannya.

Selain itu, mesti merubah pola pikir melayani sepenuh hati, bukan dilayani.

Seiring dengan rencana pembayaran TPP, mantan anggota DPRD Provinsi Sultra ini, meminta pihak BKPSDM untuk melakukan pendataan detail tingkat kehadiran dan bakal diberikan sanksi sesuai aturan perundangan jika terbukti tidak menjalankan tugas.

“Bagi yang disiplin, saya meminta pimpinan OPD untuk memberikan reward, sebagai ganjaran dan apresiasi atas ketaatan ASN dalam bekerja,“ tegas Wabup Konsel ini.

Mengenai besaran yang bakal diterima setiap ASN Konsel, pihaknya belum dapat memastikan. Yang jelasnya, program anggaran telah dimasukkan dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konsel Tahun 2022 dan telah dibahas pimpinan daerah bersama DPRD.

Selain itu, Rasyid juga mengingatkan, setiap kegiatan mesti melibatkan seluruh aparatur di dalamnya, agar manfaat dan tujuan kegiatan bisa turut dirasakan bersama.

"Jika ada kegiatan OPD, jangan dimonopoli Kadisnya saja atau segelintir pejabat, namun ikutkan semuanya biar yang lain ikut merasakan program kerja tersebut," katanya.

Demi kelancaran kerja dan perbaikan kesejahteraan aparatur lainnya, tambah dia, juga demi menjaga nama baik bersangkutan ketika sudah tidak menjabat.

Dimana, ia mengibaratkan jangan seperti tukang sate mulai dari penyembelihan, pengolahan hingga hasilnya dimiliki sendiri tidak dibagi ke orang lain.

Baca Juga: Lelang Jabatan Esalon II, Pemkab Muna Siapkan Rp 400 Juta

Sementara itu, Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM saat menyerahkan RAPBD Tahun Anggaran 2022 Kepada Ketua DPRD, Irham Kalenggo S.Sos M.Si untuk dibahas, beberapa waktu lalu engungkapkan, untuk belanja TA 2022 sebesar Rp 1.722.607.042.056 terdiri atas gaji dan tunjangan, PNS, CPNS 2021, P3K Guru dan P3K Non Guru Sebesar Rp.

443. 058.647.739, Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar Rp 30.000.000.000.

Dan Belanja Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 72.781.063.200 dan Belanja Dana Desa (DD) sebesar Rp. 244. 642.361.000, serta belanja tidak terduga dan belanja operasi dan belanja modal lainnya

Sehingga total RAPBD Konsel untuk Tahun 2022 sebesar Rp 1.722.607.042.056 sudah termasuk pembiayaan dari pinjaman PEN dan estimasi SiLPA.

Bupati Surunuddin mengatakan, RAPBD Kabupaten Konsel merupakan perwujudan dari Kebijakan Pemerintah Daerah, yang lahir dari sebuah konsensus bersama yang akan menjadi produk hukum berupa Peraturan Daerah.

Baca Juga: Wakil Bupati Butur Menghadap Presiden RI di Istana Bogor

Ia berharap, pembahasan dapat berjalan dengan baik dalam suasana yang kondusif dan dinamis sebagai wujud semangat bersama dalam mendorong tata kelola keuangan yang lebih baik dan peningkatan kinerja Pemerintahan demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Desa Maju Konsel Hebat. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga