Tahun Ini Fasilitas Perkantoran Muna Barat dan Buton Tengah Mulai Dibangun

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
0 dilihat
Tahun Ini Fasilitas Perkantoran Muna Barat dan Buton Tengah Mulai Dibangun
Pj Bupati Muna Barat, Bahri bersama Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pj Bupati Muna Barat, Bahri da Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup mulai tancap gas membenahi daerahnya masing-masing "

MUBAR, TELISIK.ID - Pj Bupati Muna Barat, Bahri da Pj Bupati Buton Tengah,  Muhammad Yusup mulai tancap gas membenahi daerahnya masing-masing.

Keduanya mengawali dengan memfokuskan pembangunan gedung perkantoran.

Bahri mengatakan, setelah membedah APBD Muna Barat, ditemukan adanya sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) sebesar Rp 68 miliar. Anggaran tersebut akan dimaksimalkan untuk pembangunan kantor bupati, DPRD, rumah jabatan (rujab), masjid raya, rujab pimpinan DPRD dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Insya Allah, anggaranya dialokasikan di Perubahan APBD 2022. Tahun ini juga akan kita agendakan peletakan batu pertama," kata Bahri, Sabtu (11/6/2022).

Untuk lokasi pembangunan kantor, masjid dan rujab dipusatkan di Desa Lakalamba, Kecamatan Sawaerigadi. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap.  

"Saya targetkan sebelum masa jabatan saya berakhir, pembangunannya bisa selesai," janjinya.

Untuk memuluskan pembangunan itu, Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu meminta dukungan DPRD. Ia berharap Perubahan APBD cepat selesai dibahas, sehingga pembangunam bisa dimulai.

"Saat ini kita sementara mempersiapkan pembahasan LKPJ. Kita berharap setelah LKPJ selesai, sore harinya bisa dilanjutkan dengan pembahasan dokumen Perubahan APBD, sehingga nantinya tidak terjadi keterlambatan," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup akan melakukan hal yang sama. Ia akan mulai membangun kantor bupati, DPRD dan rujab di Labungkari,  Kecamatan Lakudo tahun ini pula.

Baca Juga: Kebijakan Penghapusan Tenaga Honorer Buton Tengah, Begini Penjelasan Sekda

"Tahun ini, di Perubahan APBD kita alokasikan dana untuk pembersihan lahan dan pematangan," katanya.

Sesuai perencanaan, pembangunan kantor bupati akan menelan anggaran sebesar Rp 35 miliar. Karenanya, kontrak pembangunan akan dibuat multi years.

Baca Juga: 80 Kios Darurat di Pasar Wakuru Muna Mulai Rusak

"Tahun 2023, anggaran saya push untuk pembangunan kantor bupati sebagai simbol daerah," kata Kepala BPBD Sultra itu.

Di lokasi yang sama, rencananya akan dibangun Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD).

"Di sekitar perkantoran, kita siapkan lahan untuk kantor Polres, Kejaksaan, Kodim dan Pengadilan," pungkasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga