adplus-dvertising

Tahun Ini, Satu Puskesmas Diperbatasan Muna-Buteng Dibangun

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 16 Maret 2021
5590 dilihat
Tahun Ini, Satu Puskesmas Diperbatasan Muna-Buteng Dibangun
Kadis Kesehatan Muna, La Ode Rimba Sua. Foto: Sunaryo/Telisik

" Puskesmas dengan ruang rawat inap dibangun untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan, sehingga tidak perlu lagi ke RS kabupaten yang jaraknya jauh. "

MUNA, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna, tahun ini kembali akan membangun satu unit gedung puskesmas.

Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Muna dan Buton Tengah (Buteng), tepatnya di Desa Labasa, Kecamatan Tongkuno Selatan (Tongsel).

Kadinkes Muna, La Ode Rimba Sua menerangkan, anggaran pembangunan Puskesmas Labasa sebesar Rp 7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Gedung puskesmas akan dibangun dua lantai, sama persis dengan Puskesmas Wakorumba Selatan (Wakorsel) yang memiliki ruang rawat inap.  


"Perencanaannya sudah selesai, saat ini sudah dalam proses lelang," kata La Ode Rimba Sua, Selasa (16/3/2021).

Rimba menerangkan, puskesmas yang dibangun itu lengkap dengan alat kesehatan (Alkes), perumahan dokter hingga alat pengolahan limbah.

"Fasilitasnya lengkap," sebutnya.

Baca Juga: Calon Penerima Bedah Rumah di Muna Mulai Diverifikasi

Pembangunan puskesmas di wilayah perbatasan merupakan kebijakan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), sekaligus program prioritas dari Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.  

"Puskesmas dengan ruang rawat inap dibangun untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan, sehingga tidak perlu lagi ke RS kabupaten yang jaraknya jauh," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga