Tahun Ini, USBK Bakal Diterapkan di Tingkat SD Kendari

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Kamis, 03 Februari 2022
0 dilihat
Tahun Ini, USBK Bakal Diterapkan di Tingkat SD Kendari
Suasana pelaksanaan simulasi USBK di salah satu SD di Kota Kendari. Foto : Muhammad Ilwanto

" Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari menggelar kegiatan simulasi yang dilaksanakan mulai 2-3 Februari 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahun ini Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) bakal diterapkan di tingkat Sekolah Dasar (SD), di seluruh Kota Kendari yang akan dilaksanakan pada April 2022 mendatang.

Demi menyukseskan pelaksanaan USBK yang pertama kali diterapkan untuk tingkat SD. Maka Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari menggelar kegiatan simulasi yang dilaksanakan mulai 2-3 Februari 2022.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur mengatakan, simulasi sebagai bentuk persiapan untuk menyukseskan pelaksanaan USBK dengan baik.

"Pastinya diperlukan pelatihan, agar pelaksanaan USBK bisa berjalan dengan sukses, tanpa adanya hambatan terutama mengenai masalah teknis, yang sering kali terjadi ketika proses ujian berbasis online diterapkan," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (3/2/2022).

Oleh sebab itu, kata dia, dalam kegiatan simulasi masalah sistem dan teknis pelaksanaan menjadi yang paling diperhatikan. Karena itu yang paling penting, harus betul-betul disiapkan dengan sangat baik.

Baca Juga: Buruan Daftar, Beasiswa untuk Mahasiswa Bombana Sudah Dibuka

"Alhamdulillah, selama simulasi berlangsung, tidak mengalami kendala sama sekali, mulai dari sistem jaringan dan lain sebagainya. Dan untuk fasilitas USBK, itu bisa menggunakan laptop, komputer, dan HP dari para siswa-siswi," katanya.

"Ini untuk lebih memanfaatkan fasilitas yang ada. Karena di setiap sekolah tidak semua memiliki perlengkapan komputer yang lengkap. Sehingga USBK bisa diakses di alat elektronik apa pun," sambungnya.

Sementaranya itu, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora Kendari, Muchdar Alimin mengatakan, simulasi sudah sukses dilakukan, baik dari tingkat SMP dan SD seluruh Kota Kendari.

Baca Juga: 3 Siswa SMKN 6 Kendari Lolos Seleksi Nasional Program Beasiswa PjBL

"Kalau untuk tingkat SMP itu sudah dilaksanakan beberapa Minggu lalu dan SD dilakukan di minggu ini. Terkait mental dan kesiapan, seluruh siswa sangat baik, mereka sudah sangat siap mengikuti USBK ini," jelasnya.

"Untuk jumlah siswa yang mengikuti USBK, di tingkat SD sebanyak 5.948 dan tingkat SMP 5.185 siswa," pungkasnya.

Sekedar informasi, untuk USBK tingkat SMP itu akan dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Maret sampai 1 April dan SD tanggal 18 sampai 21 April 2022 mendatang. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga