Tak Asal Banyak Makan, Ini Tips Diet Menambah Berat Badan yang Aman

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 19 Agustus 2023
0 dilihat
Tak Asal Banyak Makan, Ini Tips Diet Menambah Berat Badan yang Aman
Jika ingin menambah berat badan dengan aman dan sehat, hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula secara berlebihan. Foto: Repro Alodokter.com

" Menambah berat badan tak semata hanya dengan makan yang banyak, tapi juga perlu memperhatikan asupan gizi "

KENDARI, TELISIK.ID - Istilah diet tak hanya digunakan sebagai metode menurunkan berat badan. Ada juga diet menambah berat badan agar mencapai bobot badan yang ideal. Menambah berat badan tak semata hanya dengan makan yang banyak, tapi juga perlu memperhatikan asupan gizi.

Dikutip dari Siloamhospitals.com, jika ingin menambah berat badan dengan aman dan sehat, hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula secara berlebihan. Sebab, hal tersebut justru berisiko memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Berikut adalah sejumlah tips sehat yang dapat dilakukan saat menjalani program diet menambah berat badan, seperti dikutip dari Health.okezone.com.

1. Mengonsumsi Makanan Setiap 3 Jam Sekali

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menjalani program diet menambah berat badan adalah dengan meningkatkan frekuensi makan dalam sehari. Sebab, sebagai upaya meningkatkan berat badan, penting untuk meningkatkan konsumsi makanan sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi lebih banyak daripada jumlah kalori yang dibakar untuk aktivitas sehari-hari.

2. Memasukkan Sumber Protein pada Setiap Porsi Makan

Tips diet yang aman dan sehat untuk menambah berat badan berikutnya adalah dengan memasukkan sumber protein pada setiap porsi makanan sehari-hari. Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk membentuk serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh, termasuk jaringan otot.

Baca Juga: 6 Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Sibuk Bekerja

Adapun beberapa jenis sumber protein yang dapat dijadikan sebagai makanan untuk menambah berat badan yaitu daging merah, susu dan produk olahannya, telur, ikan salmon, dan lain sebagainya.

3. Mengonsumsi Lemak Sehat

Selain protein, penting pula untuk memastikan asupan lemak sehat sebaik mungkin agar dapat menambah kebutuhan kalori tubuh selama menjalani program diet menambah berat badan. Selain itu, lemak sehat juga berfungsi untuk mengoptimalkan penambahan massa otot namun tidak menyebabkan peningkatan jaringan lemak di dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat dan baik dikonsumsi untuk membantu menaikkan berat badan adalah buah alpukat, minyak zaitun, daging kelapa, dan biji-bijian.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cara menaikkan berat badan yang sehat selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari, yaitu dengan minum air putih kurang lebih sebanyak 2 liter per hari. Hal ini dikarenakan pembentukan sel-sel otot di dalam tubuh hanya bisa terjadi apabila tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup sehingga dapat meningkatkan volume sel secara menyeluruh.

5. Mengonsumsi 3 Porsi Buah dan Sayur Setiap Hari

Mengonsumsi sumber protein memang menjadi hal yang penting untuk dilakukan guna menambah berat badan dan massa otot. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap tercukupi selama menjalani diet menambah berat badan.

Baca Juga: Tips Diet Sehat untuk Peroleh Berat Badan Ideal

Vitamin dan mineral merupakan dua nutrisi yang memiliki peran penting untuk meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh, tidak terkecuali proses pembentukan massa otot. Selain itu, konsumsi buah dan sayur juga penting untuk memenuhi kebutuhan serat agar terhindar dari gangguan pencernaan, misalnya konstipasi.

Karena itulah, pastikan untuk menyediakan 3 porsi buah dan sayur ke dalam daftar menu makan sehari-hari. Agar lebih praktis, Anda dapat mengolah buah dan sayur untuk dijadikan salad, smoothie, atau jus yang bisa dikonsumsi sebagai camilan.

6. Rutin Berolahraga

Salah satu tips diet sehat untuk menaikkan berat badan yang tidak kalah penting adalah berolahraga secara rutin. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan berat badan dengan menambah massa otot serta mengurangi jaringan lemak berlebih yang dapat menyebabkan obesitas.

Maka dari itu, pastikan untuk berolahraga sebanyak 3–5 kali per minggu. Agar lebih optimal, pilihlah olahraga yang dapat melatih kekuatan otot dan pernapasan, seperti senam aerobik, angkat beban, plank, dan lain-lain. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga