Tak Bergantung Kiriman Orang Tua, Mahasiwi UHO Ini Berbisnis Sambil Kuliah

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 08 Juni 2023
0 dilihat
Tak Bergantung Kiriman Orang Tua, Mahasiwi UHO Ini Berbisnis Sambil Kuliah
Meski di dalam lorong, seorang mahasiswi UHO, Ferlin tetap semangat berjualan dan melayani pembeli dengan senang hati. Foto: Febriyani/Telisik

" Aktivitas kuliah tidak menjadi halangan bagi mahasiswa mulai berbisnis. Seperti mahasiswi asal Batuatas ini, dengan padatnya jadwal kuliah dia tetap memanfaatkan waktu luanganya dengan baik untuk berbisnis "

KENDARI, TELISIK.ID - Aktivitas kuliah tidak menjadi halangan bagi mahasiswa mulai berbisnis. Seperti mahasiswi asal Batuatas ini, dengan padatnya jadwal kuliah dia tetap memanfaatkan waktu luanganya dengan baik untuk berbisnis.

Ferlin (20) merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu politik dan Ilmu Sosial (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari yang sekarang duduk di semester empat.

Dia berasal dari Batuatas Kabupaten Buton Selatan, merantau seorang diri demi mengejar cita-cita.

Keterbatasan ekonomi tidak menjadi halangan untuk terus menggapai mimpi. Dia sangat bangga memiliki orang tua yang selalu mendukungnya dalam menggapai cita-citanya.

Baca Juga: Harta Miliaran, Rektor IAIN Kendari Sudah Berbisnis dari Dulu

Ayahnya merupakan seorang nelayan yang pendapatannya tidak menentu, sedangkan ibunya merupakan ibu rumah tangga yang keseharianya di rumah mengurus ke enam adik-adiknya.

Dia melihat, di kompleks yang ia tinggali yaitu di Lorong Kusuma depan UHO, belum ada yang membuka gerai aneka minunan dan cemilan. Hal itu yang menjadi alasan sehingga membuka gerai minuman kecil-kecilan miliknya.

Ferlin mengaku, memulai usahanya itu dengan modal hanya Rp 500 ribu, uang yang ia tabung selama ini.

"Allhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa memiliki usaha sendiri, meskipun hasilnya tak seberapa tapi itu sangat membantu kebutuhan saya, sedikit-sedikit bisa mandiri. Saya bersyukur juga dipertemukan dengan teman-teman baik yang selalu mendukung saya," ungkap Ferlin, Kamis (8/6/2023).

Orang-orang terdekat Ferli, juga turut bangga dengan tekad yang dia miliki untuk hidup mandiri dan tidak bergantung dengan kiriman tiap bulan, yang biasanya suka terlambat datang kiriman.

Baca Juga: Kisah Pria Wakatobi Berbisnis Ayam Hias Jenis Filiphina dan Peru

"Saya sangat bangga melihat ada anak muda yang mau hidup mandiri, terlebih dia seorang mahasiswa. Saya lihat Ferlin ini semangat kerjanya tinggi, dia datang sama saya minta izin untuk membuka gerai minuman. Saya mengizinkan dan kadang saya bantu jaga kalau dia lagi ada kelas. Dia anak yang baik dan rajin, saya selalu mendukung dan menyemangati dia," ungkap Mama Umar salah satu orang terdekat Ferlin.

Sebagai mahasiswa harus pandai membaca situasi, melihat keadaan yang berpotensi memiliki peluang untuk menghasilkan rupiah. Ferlin juga dikenal memiliki kepribadian yang baik dan periang, dia selalu membuat lelucon dan membuat orang lain terhibur.

"Kadang tertawanya sendiri yang membuat orang lain tertawa, karena nyaring. Kami juga mendukung dia dengan selalu memesan minuman dan tela-tela sama dia, rasanya juga enak," Ungkap rekan Ferlin yang tidak ingin disebutkan namanya. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga