Tak Buka Pendaftaran Balon Bupati, Golkar Muna-Muna Barat Cari Pendamping Buat Ihsan dan Darwin

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
Tak Buka Pendaftaran Balon Bupati, Golkar Muna-Muna Barat Cari Pendamping Buat Ihsan dan Darwin
Balon Bupati Muna, LM Ihsan Taufik Ridwan bersama Balon Bupati Muna Barat, Darwin, Ketua DPD II Golkar Muna Barat, Uking Djassa, dan Ridwan Bae. Foto: Ist.

" Partai Golkar Muna dan Muna Barat tak akan membuka pendaftaran balon bupati seperti halnya yang dilakukan partai politik lainnya "

MUNA, TELISIK.ID - DPD II Partai Golkar Muna dan Muna Barat sudah memiliki bakal calon (balon) bupati yang akan diusung di Pilkada 27 November mendatang.

Karenanya, partai besutan Airlangga Hartarto itu tak akan membuka pendaftaran balon bupati seperti halnya yang dilakukan partai politik (parpol) lainnya.

Ketua DPD II Golkar Muna, Muhamad Natsir Ido menerangkan, untuk Balon Bupati Muna, partai telah menetapkan LM Ihsan Taufik Ridwan melalui rapat pimpinan daerah (rapimda) yang telah diteruskan ke DPD I dan DPP. Kemudian juga, saat ini, Ihsan telah mengantongi surat tugas dari DPP Golkar.

"Untuk balon bupati sudah dikunci pada Ihsan, tinggal mencari pendamping sebagai balon wakilnya," kata Natsit Ido, Sabtu (6/4/2024).

Untuk balon wakil, nantinya akan ditentukan oleh Ihsan dan kader Golkar.

Baca Juga: Siap Lahir Batin Jadi Calon Wali Kota Kendari, SKI Klaim Sudah Didukung 20 Kursi

"Untuk balon wakil, nanti akan dilakukan survei," timpal Wakil Ketua DPRD Muna itu.

Berdasarkan hasil pemilihan 14 Februari lalu, Golkar Muna mendapat jatah empat kursi. Untuk memuluskan pencalonan Ihsan, Golkar akan membangun koalisi dengan partai peraih kursi di DPRD.

"Untuk koalisi, kita terus jajaki dengan beberapa partai lain," terangnya.

Sama halnya dengan di Muna Barat. DPD II Golkar Muna Barat telah mengunci pintu bagi balon lain.

"Golkar Muna Barat tidak membuka penjaringan. Balon bupati sudah ditetapkan ke Darwin (DW) melalui rapimda dan telah memegang surat tugas dari DPP," tegas Uking Djassa, Ketua DPD II Golkar Muna Barat.

Kini, partai tengah melakukan survei terhadap elektabilitas DW. Ia menegaskan, survei itu bukan untuk mengganti balon, melainkan mengukur tingkat penerimaan masyarakat. Bila ada kelemahan, tinggal diperbaiki.

"Jadi kami berharap jangan lagi ada yang klaim Golkar. Pintu Golkar sudah milik DW," tegasnya.

Saat ini, Golkar bersama beberapa partai lainnya yang telah menyatakan dukungan terhadal DW akan duduk bersama untuk mencari pendamping (02).

Baca Juga: Balon Bupati Muna Rajiun Incar Demokrat

"Di internal Golkar, kami siapkan La Kudja dan Supu Alimin sebagai calon pendamping DW, tetapi semua itu kita akan bicarakan bersama dengan partai lainnya," ujar Wakil Ketua DPRD Muna Barat itu.  

Golkar Muna Barat di pemilihan legislatif (Pileg) 14 Februari lalu berhasil meloloskan tiga kader untuk duduk di DPRD periode 2024-2029. Kursi pimpinan (wakil ketua) masih tetap dipertahankan. Nah, untuk bisa mengusung calon bupati (cabup), butuh tambahan satu kursi lagi. Namun, dengan ditetapkannya DW, tidak akan sulit lagi untuk mendapatakan tambahan kursi. Karena beberapa partai yang mendukung DW, memiliki kursi di DPRD berdasarkan hasil pileg baru-baru ini.

"InsyaAllah pencalonan DW akan berjalan mulus," tandas Caleg DPRD Sulawesi Tenggara terpilih itu. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga