Tak Hanya Baik untuk Manusia, Ini Manfaat Susu Bagi Tanaman

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 17 September 2023
0 dilihat
Tak Hanya Baik untuk Manusia, Ini Manfaat Susu Bagi Tanaman
Susu merupakan bahan tambahan yang ampuh untuk meningkatkan penyerapan pestisida dan mencegahnya terbawa oleh angin kencang dan hujan. Foto: Repro Grid.id

" Ternyata manfaat susu bukan cuma untuk diminum, tapi juga bisa menjadi pupuk yang dapat bermanfaat untuk tanaman "

KENDARI, TELISIK.ID - Susu merupakan salah satu minuman sehat untuk segala usia mulai dari bayi hingga lansia, minum susu sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tulang. Kini pun banyak jenis dan rasa susu yang bisa kita pilih di pasaran.

Namun ternyata manfaat susu bukan cuma untuk diminum, tapi juga bisa menjadi pupuk yang dapat bermanfaat untuk tanaman. Berikut manfaat susu tanaman dikutip dari Kompas dan Grid.id:

1. Disinfektan

Menurut Michigan State University Extension, susu telah terbukti menjadi disinfektan alternatif yang efektif untuk peralatan rumah kaca untuk mencegah penularan virus secara manual.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Penyaring Polusi Udara di Rumah

Alih-alih menggunakan larutan pemutih beracun untuk mendisinfeksi pemangkas dan gunting tanaman, celupkan ke dalam susu untuk mendisinfeksi.

Susu bahkan mencegah penularan banyak penyakit tomat, seperti virus mosaik tembakau. Sebagai bonus, peralatan berkebun tidak menimbulkan korosi atau karat sebanyak saat dibersihkan dengan susu.

2. Menghambat bercak hitam pada mawar

Menyemprotkan campuran air dan susu pada tanaman bunga mawar diyakini mencegah atau menghambat pertumbuhan bercak hitam. Bercak hitam disebabkan oleh jamur Diplocarpon rosae.

Jamur ini tumbuh subur saat cuaca basah. Penyakit ini mendapatkan namanya dari bercak gelap khas yang muncul pada daun dan batang. Saat bintik-bintik itu tumbuh dan menyebar, bintik-bintik itu menjadi berwarna kuning.

Jika tidak ditangani, tanaman bunga mawar akan kehilangan semua daunnya dan berhenti berbunga. Spora Diplocarpon rosae terbawa angin, berpindah dengan cepat dari satu tanaman ke tanaman lain, dan memerlukan setidaknya tujuh jam kelembapan untuk berkembang.

Baca Juga: Cara Basmi Kutu Tanaman dengan Bahan Alami

3. Basmi jamur

Susu dapat digunakan dengan sukses untuk melawan penyakit jamur, termasuk embun tepung. Penyemprotan campuran encer susu pada permukaan daun tanaman menurunkan kerentanan mereka terhadap infestasi jamur.

Susu juga merupakan bahan tambahan yang ampuh untuk meningkatkan penyerapan pestisida dan mencegahnya terbawa oleh angin kencang dan hujan.

Selain itu, susu telah terbukti menghentikan penularan virus penyebab penyakit seperti virus mosaik tembakau. Berbagai penelitian mendukung klaim ini. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga