Tak Lulus PTN, 2 Universitas Swasta di Kendari Ini Bisa Jadi Pilihan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Tak Lulus PTN, 2 Universitas Swasta di Kendari Ini Bisa Jadi Pilihan
Universitas Muhammadiyah Kendari (kiri) dan Universitas Sulawesi Tenggara (kanan) merupakan 2 kampus swasta terbaik di Sulawesi Tenggara yang bisa jadi pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Foto: Repro umk.ac.id dan Un-Sultra.ac.id

" Bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Kota Kendari, 2 kampus swasta ini bisa jadi rekomendasi "

KENDARI, TELISIK.ID – Siswa yang baru saja lulus SMA, berlomba-lomba untuk mendaftarkan diri pada perguruan tinggi negeri maupun swasta yang dianggap terbaik.

Pada umunya pasca lulus SMA, yang pertama dilakukan siswa sebagai calon mahasiswa adalah mengikuti seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) dan seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT).

Bagi yang tidak lulus diperguruan tinggi negeri di antaranya akan memilih ke kampus swasta. Bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di Kota Kendari, 2 kampus swasta ini bisa jadi rekomendasi.

Tak kalah dari perguruan tinggi negeri (PTN), 2 universitas di Kendari ini bisa jadi pilihan bagi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan.

Baca Juga: Unsultra Tuan Rumah TWR Teknik Sipil Indonesia Wilayah XV Sulawesi Tenggara 2023

2 universitas swasta yang dimaksud yaitu Universitas Muhammadiyah Kendari dan Universitas Sulawesi Tenggara. Kedua kampus ini tak hanya mengadakan program jenjang S1, namun program pascasarjana S2.

Berdasarkan laman resmi umk.ac.id, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) terdiri dari 7 fakultas di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Fakultas Agama Islam dan Program Pascasarjana.

Salah seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa inggris UMK, Laode Alfandi menjelaskan bahwa kuliah di UMK biayanya cukup terjangkau dan tersedia juga jalur beasiswa bagi mahasiswa.

‘’Di antaranya itu ada beasiswa prestasi, beasiswa BKPM, beasiswa hafidz Qur'an, beasiswa minat agromaritim dan beasiswa program kemitraan,’’ jelasnya.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Sastra Inggris, Ini Penjelasan dan Prospek Kerjanya

Selain itu, ada Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) yang merupakan universitas swasta pertama di Sulawesi Tenggara. Berdasarkan laman resmi un-sultra.ac.id, di kampus ini tersedia 6 fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Keguruan dan Program Pascasarjana.

Salah seorang mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Unsultra, Amal Muliono mengatakan, ia masuk di kampus ini dengan jalur beasiswa (KIP).

‘’Meski universitas swasta, Unsultra memiliki banyak program beasiswa sehingga bisa memudahkan mahasiswa untuk kuliah,’’ ujarnya. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga