Tak Miliki IMB, Rumah Milik Bupati Busel Disegel

Deni Djohan, telisik indonesia
Jumat, 20 Maret 2020
0 dilihat
Tak Miliki IMB, Rumah Milik Bupati Busel Disegel
Rumah milik Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani, yang terletak di lingkungan Topa, Kelurahan Sula'a, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau. Foto: Deni Djohan/Telisik

" Jadi sudah empat kali kita turun lapangan untuk mengingatkan itu. Kami terus meminta izin IMB. Tapi tidak ada, makanya kita lakukan penindakan. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Rumah milik Bupati Buton Selatan (Busel), H. La Ode Arusani, yang terletak di Lingkungan Topa, Kelurahan Sula'a, Kecamatan Betoambari, disegel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Kota Baubau. Penyegelan dilakukan lantaran bangunan tersebut tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Menurut Kepala Satpol-PP Kota Baubau, Hanaruddin, pihaknya sudah beberapa kali melayangkan surat teguran terhadap pemilik rumah, agar proses pendirian bangunan tersebut dihentikan sementara sampai seluruh izin benar-benar lengkap. Hal ini dilakukan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Jadi sudah empat kali kita turun lapangan untuk mengingatkan itu. Kami terus meminta izin IMB. Tapi tidak ada, makanya kita lakukan penindakan," beber Hanaruddin, saat dikonfirmasi melalui sambungan telponnya, Jumat (20/03/2020).

Baca juga: https://telisik.id/news/gubernur-sultra-tiga-pasien-positif-corona-dari-umroh

Atas tindakan tegas itu, lanjutnya, pemilik rumah yang tidak lain adalah Bupati Busel, H La Ode Arusani, telah mengutus Kabag Tapem, LM. Martosiswoyo, untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Berdasarkan keterangan dari Kabag Tapem, informasi penyegelan itu baru diketahui belum lama ini.

"Jadi, semua surat-suratnya sedang diproses di Dinas Pekerjaan Umum (PU). Kita hentikan ini sambil menunggu izinnya baru bisa berjalan lagi pembangunannya. Jadi sejak beberapa Minggu lalu kami sudah melakukan peneguran. Hanya tidak pernah diindahkan," bebernya.

Ia menegaskan, siapa pun dia, jika yang dilakukan melanggar ketentuan Peraturan Daerah, maka pihaknya tak segan-segan melakukan penindakan dan memberikan sanksi tegas. Termasuk pembangunan yang tidak mengantongi IMB.

"Bisa cek di Kota Baubau ini, kalau kita temukan bangunan ilegal, maka kita beri sanksi," pungkasnya.

 

Reporter: Deni Djohan

Editor: Sumarlin

Baca Juga