Tak Perlu Dokter, Robot AI Bisa Kenali dan Diagnosa Berbagai Penyakit

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 26 Oktober 2023
0 dilihat
Tak Perlu Dokter, Robot AI Bisa Kenali dan Diagnosa Berbagai Penyakit
Teknologi kecerdasan buatan atau artifcial intelligence (AI) bisa digunakan untuk mengenali dan mendiagnosis berbagai penyakit. Foto: Repro Hypeabis.id

" Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan teknologi kecerdasan buatan atau artifcial intelligence (AI) bisa digunakan untuk mengenali dan mendiagnosis berbagai penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID – Teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI) yang banyak berkembang akhir-akhir ini, ternyata membawa sejuta manfaat bagi manusia di berbagai sektor, termasuk sektor kesehatan.

Dilansir dari Suarasurabaya.net, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan teknologi kecerdasan buatan atau artifcial intelligence (AI) bisa digunakan untuk mengenali dan mendiagnosis berbagai penyakit.

Anto Satriyo Nugroho Kepala Pusat Riset Kecerdasan Artifisial dan Keamanan Siber BRIN dalam keterangan di Jakarta, Selasa (24/10/20230, mengatakan penelitian AI saat ini semakin berkembang dan bisa diterapkan pada bidang kesehatan.

“Dari sisi medis, kita mungkin melihat AI sebagai tools yang memiliki banyak peluang, mempercepat proses diagnosis, meningkatkan akurasi, dan mengurangi error yang terjadi karena pengalaman atau jam terbang dokter yang melakukan diagnosis,” ujarnya, dilansir dari Antara.

Salah satu teknologi AI yang dipakai dalam bidang kesehatan adalah AI-based Paediatric Tele-Dermatology. Teknologi itu merupakan riset multidisiplin untuk mengembangkan teledermatologi yang fokus pada pasien anak.

Baca Juga: Di China Robot AI Bisa Jualan Online

Riset itu merupakan kolaborasi bersama para peneliti di Pusat Riset Komputasi BRIN dan Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia Persatuan Dokter Kulit dan Kelamin Indonesia (KSDAI PERDOSKI).

Dikutip dari Antaranews.com, Nur Afny Catur Andryani, Dosen Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara, mengatakan, keterbatasan kompetensi dokter umum dalam penanganan kasus penyakit kulit anak memerlukan asistensi dari dokter spesialis kulit dan kelamin konsulen anak.

Jumlah dokter spesialis penyakit itu sangat terbatas dan terkonsentrasi di kota-kota besar. Maka, mereka melakukan riset pengembangan pembangunan paediatric tele-dermatology berbasis AI. Teknologi telemedicine untuk dermatologi dimanfaatkan untuk menghubungkan antara dokter umum, dokter spesialis kulit umum, dan dokter spesialis anak dengan dokter spesialis kulit dan kelamin konsulen anak atau pediatri.

Hal itu memberikan peluang bagi para dokter terhubung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpKK) konsulen anak untuk meningkatkan akurasi diagnosis terutama untuk kasus-kasus yang kompleks.

Riset pengembangan teledermatologi pediatri juga melibatkan unsur AI untuk membantu dokter menegakkan diagnosis dan melakukan tata laksana penanganan penyakit.

Baca Juga: Inggris Gunakan Robot AI jadi Asisten Kepsek dan Guru

“AI sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan untuk dunia medis. Namun, untuk kasus dermatologi, AI masih terbatas digunakan utamanya untuk diagnosis penyakit,” ujar Nur.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa penelitian yang ada sebagian besar pengembangan AI masih berfokus pada deteksi kanker kulit dini dan beberapa penyakit kulit khas yang terbatas jumlahnya. Oleh karena itu, riset pengembangan teknologi tersebut menjadi sebuah tantangan besar yang melakukan pembangunan sistem diagnosis berbasis AI untuk dapat mengenali lebih dari 50 penyakit sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI).

“Secara teori, itu adalah high dimensional classification yang tentunya bukan hal mudah untuk dimodelkan,” kata Nur. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga