Tak Perlu ke Kota, Disdukcapil Konawe Selatan Kini Keliling Kecamatan Rekam KTP

Idris , telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
Tak Perlu ke Kota, Disdukcapil Konawe Selatan Kini Keliling Kecamatan Rekam KTP
Perekaman E-KTP keliling di Kantor Kecamatan Ranomeeto, dipadati sejumlah warga yang melakukan perekaman E-KTP. Foto: Idris/Telisik

" Mempermudah pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, melakukan perekaman E-KTP keliling di 12 kecamatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Mempermudah pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, melakukan perekaman E-KTP keliling di 12 kecamatan, Rabu (12/10/2022).

Program ini merupakan upaya memberikan kemudahan pelayanan kepada warga untuk tidak lagi menghabiskan waktu ke Ibu kota kabupaten yang jaraknya begitu jauh.

Salah satu agendanya yaitu perekaman E-KTP di Kecamatan Ranomeeto, mulai dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari.

Baca Juga: Sejumlah Upaya Pemkab Kolaka Utara Cegah Inflasi

Pantauan Telisik.id, beberapa remaja telah memenuhi syarat usia untuk melakukan perekaman E-KTP memadati Kantor Camat Ranomeeto.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Konawe Selatan, Muhammad Ihsan mengatakan, perekaman E-KTP keliling  sangat penting untuk memperbaharui data jumlah penduduk di Disdukcapil, hingga dapat mendukung perencanaan pembangunan daerah.

"Harapan kami, semua warga Konawe Selatan dapat mempunyai KTP elektronik. Mengenai pemilu salah satu target kami di Capil Konawe Selatan, kedepannya semua warga sudah menjadi wajib pilih, bisa menyalurkan hak pilihnya," ujar Ihsan saat ditemui.

Saat ini, warga Konsel yang telah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 314.000 jiwa dari total jumlah penduduk Konsel yaitu 200.000 jiwa.

Sementara itu, Lika salah satu remaja dari Kecamatan Ranomeeto ini rela mengantri sejak pagi, karena ingin melakukan perekaman untuk pertama kalinya. Ia merasa sangat terbantu dengan program perekaman E-KTP keliling itu, karena ia tidak perlu lagi jauh-jauh menuju ke Ibu kota kabupaten untuk melakukan perekaman E-KTP.

"Kepada teman-teman silahkan datang merekam di kantor camat, kebetulan ada yang dekat. Jadi, tidak perlu lagi jauh-jauh," ajaknya.

Baca Juga: Gelar Rakor, Plt Bupati Kolaka Timur Inginkan Percepatan Pembangunan

Tempat sama, Camat Ranomeeto, Ambolaa mengatakan, telah menghimbau kepada para warganya untuk turut hadir dalam kegiatan perekaman E-KTP keliling itu, khususnya para remaja yang menginjak usia 17 tahun, maupun warga ingin mengurus KTP bermasalah.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini. Untuk jemput bola, utamanya di Kecamatan Ranomeeto. Karena kalau tidak kita beri kesempatan mereka untuk merekam, tidak mungkin ke kota, karena lebih jauh," ungkap Ambaloo.

Untuk diketahui Disdukcapil Konawe Selatan melakukan perekaman E-KTP keliling di 12 kecamatan dengan target 100.000 jiwa di tiap kecamatan, mulai 12 hingga 28 Oktober 2022, diantaranya Kecamatan Laeya, Tinanggea, Moramo, Kolono dan Laonti. (A)

Penulis: Idris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga