Tak Perlu Pakai Bahan Kimia, Beberapa Metode Alami Ini Ampuh Usir Kecoa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Tak Perlu Pakai Bahan Kimia, Beberapa Metode Alami Ini Ampuh Usir Kecoa
Kecoa yang masuk ke rumah tak jarang membuat khawatir, Anda tak perlu bahan kimia untuk mengusirnya, beberapa bahan yang ada di dapur bisa secara alami atasi kecoa. Foto: Blog.eigeradventure.com

" Anda pasti kesal jika ada kecoa yang masuk ke dalam rumah. Serangga yang satu ini terkenal menjijikan dan membawa banyak bakteri yang menimbulkan penyakit "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda pasti kesal jika ada kecoa yang masuk ke dalam rumah. Serangga yang satu ini terkenal menjijikan dan membawa banyak bakteri yang menimbulkan penyakit.

Menurut Entomolog dan Direktur Teknis Braman Termite & Pest Elimination, Natasha Wright, untuk membasmi kecoa tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya.

Dilansir dari Detik.com dan Cnnindonesia.com, berikut beberapa metode alami yang ampuh membasmi kecoa:

1. Gula dan Boraks

Entomolog tersebut menyarankan untuk mencampurkan boraks dan gula dengan perbandingan 3:1 sebelum menyebarkannya di tempat-tempat yang ada kecoanya. Wright mengatakan, boraks efektif karena dapat mengeringkan bagian eksoskeleton kecoa, memengaruhi sistem pencernaan, dan membunuhnya.

Baca Juga: Cara Alami Redakan Sakit Perut

2. Minyak daun mint atau peppermint oil

Menyemprotkan peppermint oil dapat menghalangi kecoa masuk rumah dengan cara yang aman. Wright menyarankan untuk menyampurkan 15 tetes peppermint oil dengan 10 ons air atau sekitar 295 ml sebelum menyemprot ke bagian rumah yang ada kecoa.

3. Sabun cuci

Campuran air dan sabun dapat menghambat pernapasan dan membunuh kecoa. Campuran tersebut efektif untuk membasmi kecoa Jerman. Biasanya, kecoa Jerman dapat ditemui di celah atau retakan sebuah bangunan. Campurkan 4 sendok makan dengan satu liter air dan semprotkan ke area yang ada kecoanya.

4. Kopi Bubuk

Kopi bubuk dapat digunakan sebagai umpan untuk menangkap kecoa. Sebab, kecoa tertarik pada aroma kopi bubuk. Taruh kopi bubuk dalam wadah kecil dan taruh di atas wadah yang berisi air. Kemudian tempatkan di dekat dinding atau lemari atau tempat kalian melihat kecoa.

Wangi kopi tersebut akan mengantarkan kecoa ke jebakan di mana mereka tak bisa kabur. Kalian dapat membuangnya keesokan harinya.

Baca Juga: Cara Mudah Usir Semut di Dapur, Cukup Pakai Bahan Ini

5. Perasan Lemon

Campurkan 2-3 sendok makan perasan lemon dengan air pada sebuah ember. Setelah dicampur, pel area yang ada kecoanya dengan campuran tersebut. Lemon memiliki anti-patogen secara alami yang dapat membuat kecoa menjauh.

Di sisi lain, Anda juga harus membersihkan rumah secara teratur, khususnya bagian dapur. Sebab, kecoa menyukai tempat yang kotor.

Anda harus membuang sampah secara teratur atau menutup tempat sampah agar tidak mengundang kecoa. Jangan tinggalkan cucian piring di westafel, jangan tinggalkan makanan hewan yang tidak habis, bersihkan lantai setelah makan, dan jangan sampai ada genangan air. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga